Volvo FH16: Makin Bertenaga, Lebih Irit

19 June 2024
Erie W. Adji
 
Bisa minum solar biodiesel
 

Pabrikan truk Eropa, termasuk Volvo, bisa dibilang memilih ‘strategi mendua’ dalam menyikapi tren pemakaian energi listrik pada kendaraan bermotor. Termasuk Volvo yang selain intensif mengembangkan teknologi mesin tenaga listrik juga masih serius dalam pengembangan mesin konvensional yang ekonomis sekaligus ramah lingkungan.

Seperti yang dilakukan pada versi terbaru dari truk seri FH16 yang diklaim merupakan truk paling bertenaga sekaligus paling ekonomis konsumsi bahan bakarnya saat ini. Termasuk bisa diberik bahan bakar yang terbarukan.

Dari serangkaian pengujian langsung yang sudah dilakukan, truk ini bisa mereduksi pemakaian bahan bakar sampai 5  persen. Sebuah pencapaian yang besar untuk ukuran kendaraan komersial dengan mesin fosil.   

Disaat yang sama juga diperoleh data bahwa tenaga dengan mesin baru, seri D17 varian terbaru, bisa muncul tambahan 7 persen torsi dalam rerata simulasi pemakaian normal. Mesin ini berkapasitas 17.000 cc dengan kapasitas tenaga terpasang 780 daya kuda.

Performa baru tadi juga didukung pemakaian komponen penambah tingkat aerodinamikayang umumnya berada di atas kompartemen kemudi. Ditambah lagi ubahan pada desain muka truk, terlihat dari sudut-sudut bodi yang melengkung. 

Pihak Volvo, dalam keterangan resminya, juga menyebutkan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan pengembangan untuk mendapat tingkat efisiensi terbaik dalam konsumsi bahan bakar sekaligus memaksimalkan semburan daya.

Untuk membuka kesempatan dibesut konsumen sesuai dengan kebutuhan piha Volvo juga menyediakan pilihan atau varian berdasarkan daya mesin (daya kuda); 600, 700, dan 780. Tiga mesin dengan speisifkasi Euro 6 itu masing-masing juga punya torsi puncaknya (Nm); 3.000, 3.400, dan 3.800.

Mesin D17 terbaru itu juga bisa minum bahan bakar yang disebut sebagai HVO (Hydrotreated Vegetable Oil) untuk semua varian. Bahkan pada versi 700 daya kuda bisa diberi asupan solar biodiesel jenis B100 sepenuhnya.

Baca juga: Truk Ford Ternyata Masih Dibuat di Turki, Rusia, Dan Tiongkok

Baca juga: MAN Kembangkan Truk Medium Mesin Hidrogen\

Mesin D17 terbaru punya tiga varian berdasarkan tenaga; 600, 700, dan 789 daya kuda

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait