Ada Yang Seperti Kepiting, Bermacam Cara Belok Mobil Pikap Listrik Masa Depan

Ada Yang Seperti Kepiting, Bermacam Cara Belok Mobil Pikap Listrik Masa Depan
Beberapa produsen pikap listrik, membuat sistem kemudi yang berbeda dibandingkan mobil konvensional saat ini.
 

Kelincahan berkendara, tentu menjadi salah satu hal yang didambakan pengguna kendaraan. Termasuk pengemudi EV di masa mendatang. Beberapa produsen pikap listrik, membuat sistem kemudi yang berbeda dibandingkan mobil konvensional saat ini. Sebut saja Tesla Cybertruck, Rivin R1T, GMC Hummer EV Edition 1.

Sistem 4WS (four wheel steering), sebenarnya diawali dengan pengumuman dari pihak GMC Hummer EV, di mana versi pikap maupun SUV memiliki fitur tersebut. Seolah menganggap Hummer sebagai pesaing utama Cybertruck, Elon Musk sang pemilik perusahaan Tesla itu pun mengatakan bahwa truk serbalancip itu juga memiliki fitur 4 WS.

Pada Cybertruck, roda belakang bisa berbelok seperti halnya roda depan, namun berlawanan arah, sehingga sudut putar menjadi lebih sempit, memudahkan bermanuver di jalan yang tidak lega. Alhasil, mobil pun menjadi lebih lincah.

Tak mau ketinggalan, kubu GMC memiliki hal unik pada sistem kemudi empat rodanya. GMC Hummer Crab Mode. Crab (kepiting)? Ya, keempat rodanya bisa mengarah pada sisi yang sama, sehingga mobil bisa bergeser secara diagonal. Ide ini diilhami oleh kepiting yang berjalan menyamping. Seperti dilansir musclecarandtruck, fitur ini membuat Hummer EV bisa bermanuver lebih lincah dari kendaraan lain, di jalan yang padat.

Lain halnya dengan Rivian R1T, dengan menamakan K-Turn, pikap listrik ini menganut sistem seperti tank, di mana satu sisi roda depan dan belakang, bisa lebih lambat atau bahkan berhenti berputar, agar bisa berbelok lebih tajam. Meski belakangan, sistem ini cukup banyak dikomplain penggunanya, karena terasa terlalu ekstrem saat berbelok cepat.