Beredar Hampir 40 Tahun, Tetapi Peminat Toyota Land Cruiser 70 Ini Perlu Inden Dua Tahun

Beredar Hampir 40 Tahun, Tetapi Peminat Toyota Land Cruiser 70 Ini Perlu Inden Dua Tahun
Mungkin hanya Mitsubishi L300 yang menyainginya, muncul di era ’80-an namun tetap dijual hingga sekarang.
 

Australia, menjadi sasaran produsen kendaraan pikap berpenggerak empat roda. Karena memang kebutuhan akan kendaraan seperti itu sangat tinggi. Bahkan, Mitsubishi L300 di sana, dipasarkan dengan penggerak empat roda yang disebut juga dengan Delica, mulai era ’80-an.

Tetapi L300 tidak sendirian, ada lagi yang diluncurkan hampir 40 tahun lalu, tetapi masih dipasarkan hingga sekarang, yaitu Toyota Land Cruiser 70 Series. Ya, memang Land Cruiser yang kita kenal adalah model SUV ketimbang versi pikap. Namun di Benua Kanguru, TLC 70 pikap yang banyak beredar di sana.

Baru-baru ini, tersiar kabar bahwa permintaan Land Cruiser sangat tinggi di Australia, sehingga konsumen harus rela  menunggu dua tahun untuk mendapatkan kendaraan baru. Seperti diungkap oleh majalah Australia, Drive, yang menyebut dealer lokal yang telah menghitung berdasarkan tingkat produksi dan proyeksi saat ini dan mereka mengklaim pesanan yang ada akan dipenuhi di beberapa titik pada tahun 2024.

Di Australia, masih dijual TLC 70 Series bermesin V8, berkapasitas 4.500 cc dengan trim mewah GXL, dan GX yang ideal sebagai ‘kuda beban’. Mengapa publik Australia masih memilih TLC 70 Series, karena mereka menganggap kendaraan itu ‘tahan banting’ dan mudah digunakan. 

Bahkan untuk kisaran harganya pun tidaklah murah, karena TLC 70 Series dipasarkan AUD 100000, sementara Toyota Land Cruiser 300 yang terbaru AUD 150000 (sekitar Rp 1,5 miliar).