Bisnis Kendaraan Niaga Makin Lancar, Produsen Mulai Berani Naikan Target

Bisnis Kendaraan Niaga Makin Lancar, Produsen Mulai Berani Naikan Target
Beberapa pabrikan mobil niaga mulai berani menaikan target penjualan mereka dari tahun lalu. Ini karena optimisme akan membaiknya kondisi pasar.
 

Tahun ini diprediksi pertumbuhan ekonomi akan membaik pasca pandemi corona sejak tahun lalu. Beberapa pabrikan mobil niaga mulai berani menaikan target penjualan mereka dari tahun lalu.

Seperti PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso menyampaikan target 2021 dengan pangsa pasar 48,1 persen dan penjualan 31.220 unit.

KTB memprediksi permintaan pasar kendaraan niaga di tahun 2021 akan meningkat 30 persen. Ini setara dengan 64.900 unit, berdasar pada kondisi terkini pasar otomotif.

Meski pandemi Covid-19 masih akan berlanjut di tahun 2021, KTB berharap permintaan pasar akan membaik.

Naoya Takai, Presiden Direktur KTB, mengatakan KTB akan tetap bersikap positif, fokus target pangsa pasar tinggi seperti di tahun 2020.

Dari kubu PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), juga menyatakan optimismenya. Di mana tahun lalu meski secara market, seluruh kendaraan niaga terjun hingga 37 persen, tapi sederet produk Isuzu mengalami kenaikan market share.

Secara retail Elf membukukan kenaikan market share tertinggi 22,4 persen sepanjang sejarahnya, dengan 8.596 unit. Medium di Giga, kenaikan 13,2 persen yakni 1.292 unit. Traga, di tahun ke-2 nya menaikan market share hingga dua kali lipat 30,6 persen dengan 6.660 unit.

"Untuk itu target market selama 2021 kami naikan. Untuk Elf 25 persen, Giga 14 persen dan Traga 35 persen," urai Jap Ernando Demily, Presiden Direktur PT IAMI beberapa waktu lalu.