Bus Pariwisata Angkut Siswa TK Terbakar Di Tol

Bus Pariwisata Angkut Siswa TK Terbakar Di Tol
Tidak ada korban jiwa akibat kesigapan awak bus
 

Sebuah bus pariwisata berpelat nomor polisi B 7179 VGA hangus terbakar saat melintas di penghubung (ramp off) ruas Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) menuju Tol Wiyoto Wiyono, Jatinegara, Jakarta Timur, pekan ini (24/10).

Perwira piket Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Sukur Sarwoni, mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.12 WIB dan bus pariwisata itu mengangkut rombongan anak Taman Kanak-kanak (TK).

Namun, dalam perjalanan terjadi kebakaran, sehingga para penumpangnya langsung berhamburan keluar bus untuk menyelamatkan diri.

Sebanyak 58 penumpang anak TK beserta guru pendamping dan dua awak bus kemudian dievakuasi dengan menggunakan bus lain.

Kejadian itu megingatkan kasus serupa yang terkadi di Thailand awal Oktober 2024 dimaa sebuah bus yag membawa siswa untuk kegiatan study tour terbakar dan menewaskan 22 siswa dan 3 guru pendamping.

Diduga kebakaran itu disebabkan hubugan arus pendek pada modul pendingin udara kabin pada bus tersebut. "Dari bawah AC tiba-tiba ada percikan api di bagian mesin, lalu api dengan cepat membesar," kata Sukur. Seperti dikutip dari Antara.

Untuk memadamkan api, pihaknya mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkannya.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, namun kerugian ditaksir mencapai Rp800 juta.

Baca juga:Waspadai Selalu Jalur Wisata, Traffic Meningkat Di Musim Liburan Sekolah

Baca juga: Ini Regulasi Khusus Bus Pariwisata Di Indonesia