Bus Yutong, Dari Transjakarta Ke Piala Dunia 2022

Bus Yutong, Dari Transjakarta Ke Piala Dunia 2022
Semakin kampiun di produksi bus tenaga listrik
 

Pabrikan bus asal Tiongkok nampaknya sedang mendulang panen dari gelaran World Cup 2022 di Qatar. Paling tidak ada dua nama yang produknya jadi tulang punggung transportasi kesebelasan maupun penonton ajang akbar ini yaitu Higer dan Yutong.

Yutong sendiri sebenarnya pernah mengaspal di Indonesia, tepatnya saat menjadi salah satu produk dalam jajaran Transjakarta. Namun karena pernah mengalami kebakaran, akhirnya nasib merek ini ikutan sirna. Padahal sebenarnya Yutong merupakan kampiun bus yang telah mengaspal di banyak negara di kawasan Amerika Latin maupun Eropa.

Nah, pada ajang Piala Dunia tahun ini dikerahkan tak kurang dari 741 unit bus Yutong mulai tanggal 21 November hingga 18 Desember 2022. Bukan hanya itu, ratusan unit bus itu semuanya bertenaga listrik atau biasa disebut “e-bus”. Ini merupakan bagian dari perjanjian pembelian 1.002 unit bus listrik yang dioperasikan oleh Mowasalat yang merupakan operator bus yang berbasis di kota Doha, Qatar.

Selama beroperasi di ajang sepak bola empat tahunan itu ada jaminan penyediaan daya listriknya dari kampiun energi Swedia-Swiss, ABB. Kapasitas terpasangnya untuk semua unit bus adalah 125 MW, ada 1.300 konektor pengisian ulang energi listrik di seantero Qatar. Setiap depot pengisian energi listrik umumnya bisa menampung ratusan unit bus.   

Bukan hanya untuk beroperasi selama perhelatan Piala Dunia 2022. Pihak Yutong juga telah menyatakan  telah menyiapkan unit produksi bus di wilayah ‘perdagangan bebas’ di Qatar.

Yutong nampaknya tinggal menunggu waktu untuk dikenal sebagai kampiun bus tenaga listrik. Disaat yang hamper bersamaan dengan iala Dunia 2022, pabrikan yang berkantor pusat di kota Zhengzhou ini juga telah mendapatkan kesepakatan tambahan untuk memasok 673 unit bus kota tenaga listrik. Bus dengan seri Yutong E11 itu, akan jadi bus kota seputaran Ibu Kota Qatar, Doha, sama dengan yang sudah beroperasi di kota Bergen, Norwegia.