Cara Merawat Bodi Mobil Saat PSBB, Nggak Haram Buat Kendaraan Niaga

Cara Merawat Bodi Mobil Saat PSBB, Nggak Haram Buat Kendaraan Niaga
Hal ini dapat mencegah percepatan kusamnya mobil dan timbulnya kerak di kaca.
 

Walau Pemerintah DKI Jakarta kembali menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) namun industri logistik masih diperbolehkan untuk beroperasi. Auto2000 selaku dealer Toyota memberi tips merawat bodi yang bisa juga diterapkan di kendaraan niaga.

Langkah pertama adalah rajin mencuci mobil. Hal ini dapat mencegah percepatan kusamnya mobil dan timbulnya jamur di kaca. Cara efektifnya yakni dengan menyiram dulu permukaan bodi mobil agar debu luruh dan pastikan kering sempurna supaya tidak timbul jamur bodi bahkan karat.

Lalu jika tempat parkir tidak memiliki pelindung, bisa memanfaatkan cover mobil. Selubung ini dapat dipakai untuk menahan terpaan langsung sinar matahari dan potensi oksidasi di malam hari. Termasuk mencegah binatang liar masuk ke dalam mobil.

Kemudian memoles bodi mobil dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya berkilau kembali. Selain itu, di tahap akhir pemolesan bisa dilakukan waxing untuk memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung sehingga dapat menahan paparan sinar matahari yang membuat cat kusam atau proses oksidasi penyebab karat.

Jangan lupa, cek karat. Karena itu merupakan bahaya laten yang sangat mengganggu karena begitu karat menyerang, akan membuat struktur sasis dan bodi mobil menjadi rapuh.

Bila terlanjur menjalar akan membutuhkan perbaikan yang tidak ringan. Meski sudah ada lapisan anti karat, sebaiknya dilakukan pelapisan ulang anti karat setiap 1 tahun sekali untuk mengantisipasi timbulnya karat.

“Auto2000 siap membantu perawatan bodi mobil melalui fasilitas Bodi & Cat, seperti melakukan pelapisan anti-karat dan memperbaiki bodi mobil yang rusak agar kembali mulus,” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000. Tentunya selain berlaku untuk kendaraan penumpang Toyota, kendaraan niaga ringan seperti Hilux juga bisa melakukan perawatan bodi di Auto2000 ini.