Chevrolet Suburban, Merek Mobil Tertua Yang Eksis Hingga Kini

Chevrolet Suburban, Merek Mobil Tertua Yang Eksis Hingga Kini
Sempat jadi kendaraan umum favorit era '50-an di Indonesia, Chevrolet Suburban akan menginjak umur 85 tahun pada 2020.
 

Era '50-an hingga awal '80-an, Chevrolet Suburban di Indonesia dikenal sebagai salah satu moda transportasi massal. Perusahaan dengan nama 4848, identik sebagai operator angkutan penumpang umum yang banyak menggunakan armada dari General Motors ini.

Jalur Puncak, Jawa Barat, menjadi saksi bisu kejayaan Suburban yang merupakan salah satu angkutan elit rute Jakarta-Bandung atau sebaliknya. Seperti dikutip dari harian Pikiran Rakjat, Mei-1959, para penumpang dijemput di rumah dan kemudian diantar ke tempat sesuai alamat yang dituju. Tarifnya Rp 70 per orang dan pemesanan harus dilakukan satu hari sebelumnya.

Armada Suburban 4848

Sejarah dimulai pada 1933, dengan dihadirkannya prototipe menggunakan sasis tangga (ladder frame) truk ½ ton. Tujuan awalnya dirancang khusus kepentingan angkutan pasukan militer dan pemerintah Amerika Serikat, yakni National Guard dan Civilian Conservation Corps. Secara fisik, sebagian besar masih menggunakan bahan kayu. Dirancang mampu mengangkut delapan penumpang, mengandalkan mesin enam silinder berkapasitas  3.400 cc yang dikawinkan transmisi manual tiga percepatan.

Chevrolet kemudian meluncurkan dan menjajakan model sipil pada 1935. Setahun setelah diluncurkan, dilakukan perubahan struktur dengan menggunakan konstruksi besi pada keseluruhan bodi. Hasilnya menarik perhatian pasar domestik Amerika.

Chevrolet Suburban 1935

Generasi II muncul pada 1941 yang tak lama kemudian terjadinya Perang Dunia II. Mobil berbadan bongsor ini diandalkan untuk mobilisasi pasukan AS dan sekutunya.

Dalam catatan sejarahnya, tipe generasi II ini emblem bow-tie (dasi kupu-kudu) khas Chevrolet dire-badge oleh GMC, yang juga merupakan perusahaan satu payung di bawah naungan General Motors. Nama dengan lambang baru ini menjadi GMC Suburban.

Duet pun berlanjut hingga delapan generasi kemudian. Tepat pada tahun 2000, GMC melepas nama Suburban dan melabelinya dengan Yukon XL. Di pilihan untuk pembelinya,  XL Denali dijadikan sebagai varian mewah.

Pada kesempatan yang sama Cadillac sebagai merek mobil mewah GM mulai memperkenalkan Escalade ESV yang juga mengambil platform Suburban. Langkah ini menyulut trend SUV supermewah di negeri Paman Sam.

Chevrolet sendiri tetap melaju dengan Suburban dan menambahkan satu model di bawahnya dengan sumbu roda (wheelbase) lebih pendek yang dikenal dengan Tahoe.

Saat ini Suburban telah menginjak generasi XI. Untuk menyambut ulang tahun ke 85 pada 2020, akan diproduksi penerus yang ditulis sebagai generasi XII. Baik Yukon atau Escalade dikabarkan akan tetap berbagi platform dengan nama Next Gen Suburban. 

Suburban, menjadi merek mobil terlama di dunia otomotif dan menjadi catatan rekor tersendiri.

Generasi XI Chevrolet Suburban