Damri: Servis Makan Di Bus, Hemat Waktu Perjalanan

Damri: Servis Makan Di Bus, Hemat Waktu Perjalanan
Tidak mampir terminal Pulo Gebang di Jakarta
 

Bulan Februari silam, Damri mengoperasikan layanan “Imperial Suites” yang nge-line rute Jakarta - Surabaya – Malang. Ini merupakan layanan premium dari operator bus milik negara ini. Diklaim memiliki keunggulan dengan menawarkan waktu tempuh yang cepat dan tepat waktu.

Seperti diungkapkan oleh Corporate Secretary Damri, Chrystian R. M. Pohan, “Melalui Bus Imperial Suites, Damri menghadirkan waktu tempuh yang lebih singkat, yaitu 9 jam untuk rute Jakarta - Surabaya PP dan 11 jam untuk rute Jakarta - Malang PP.” 

Hal ini dikarenakan operator yang beroperasi sejak masa revolusi fisik ini tidak menerapkan layanan servis makan di rest area. “Damri menerapkan layanan servis makan di dalam bus dengan menyediakan hot meal, roti, permen, snack, air mineral, teh, dan kopi untuk para pelanggan Imperial Suites," ungkap Chrystian, seperti dikutip dari Antara.

Meskipun tidak melakukan servis makan di rest area, Damri menjamin bahwa kenyamanan pelanggan tidak terganggu. “Sasis Volvo B11R yang memberikan kenyamanan perjalanan tambahan, kabin sleeper, Crew on Bus, kursi Royal yang nyaman adalah manifestasi komitmen Damri untuk tetap mengutamakan kenyamanan pelanggan Imperial Suites selama perjalanan. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mencoba layanan “Imperial Suites DAMRI” sebagai moda transportasi yang menawarkan keamanan, kenyamanan, dan kecepatan,” tambah Chrystian menjelaskan.

Tidak mampir terminal Pulo Gebang

Selain itu, layanan ini juga menerapkan sistem point-to-point yang semakin menawarkan kenyamanan bagi pelanggan. “Dari titik keberangkatan, bus langsung berangkat menuju titik tujuan. Misalnya, bus berangkat dari pool DAMRI Kemayoran dan langsung masuk tol menuju Surabaya dan Malang tanpa berhenti di Terminal Pulo Gebang,” tambah sarjana psikologi ini.

Menurut pria yang juga sebelumnya pernah menangani bidang sumber daya manusia di Damri ini menyampaikan bahwa layanan “Imperial Suites” ini mendapat respons positif dari para pelanggan yang senantiasa menggunakannya. Setidaknya soal waktu tempuh yang lebih cepat dan beragam fasilitas premium merupakan daya tarik penumpang selama ini.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati layanan premium ini tiketnya dapat dipesan melalui aplikasi DAMRI Apps yang dapat diunduh di Google Play Store maupun Apple Store. Kemudian memilih titik keberangkatan pool Kemayoran untuk keberangkatan dari Jakarta menuju Surabaya atau Malang, dan pool DAMRI Malang atau Terminal Bungurasih (Sidoarjo) untuk keberangkatan menuju Jakarta.

Dalam satu unit bus Double Decker tersedia dua kelas kompartemen yaitu “Imperial_Sleeper” dan “Imperial_Royal”. Tarif normal yang berlaku adalah Rp610 ribu untuk kelas sleeper dan Rp510 ribu kelas Royal pada rute Jakarta-Surabaya. Harga Rp640 ribu untuk kelas sleeper dan Rp540 ribu untuk kelas Royal pada rute Jakarta-Malang.

Jam keberangkatannya pukul 18.00 WIB  dari kota Malang dan Jakarta, kemudian pukul 20.00 WIB dari terminal Bungurasih dari arah Surabaya menuju Jakarta.

Baca juga: Ini Tugas “Crew on Bus” Di Bus Damri Double Decker

Baca juga: Damri Imperial Suites: Boleh ‘Request’ Berhenti Di Rest Area Terdekat…