Damri Sukses Angkut 100 Ribuan Orang Selama MotoGP Mandalika 2024

09 October 2024
Erie W. Adji
 
Berbekal 155 unit bus dan shuttle
 

Dalam perhelatan MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika beberapa waktu lalu (27-29/9)  pihak Damri termasuk salah satu pendukung kegiatan nasional itu dari sisi mobillisasi orang selama perhelatan tersebut.

Total, penumpang yang dilayani Damri selama event MotoGP 2024 berlangsung adalah sebanyak 121.252 orang. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Head of Corporate Communication Damri, Atikah Abdullah.

 Menurutnya, Damri turut berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan tersebut. "Dukungan ini dinilai sangat efektif membantu mobilisasi pengunjung menuju kawasan Sirkuit Mandalika karena load factor mencapai lebih dari 72 persen," jelasnya, seprti dikutip dari laman Kabar BUMN (7/10).

BUMN yang beroperasi sejak tahun 1946 itu mencatat puncak volume pengunjung terjadi pada hari Minggu (29/9), yakni mencapai 45 ribu orang. "Damri melayani dengan 155 unit bus medium dan 6 unit (Toyota) Hiace dari tempat parkir pribadi menuju kawasan Sirkuit Mandalika," jelas Atikah lagi.

Disediakan 200 unit bus gratis selama MotoGP Mandalika

Secara keseluruhan ada 200 unit bus gratis disiapkan pemerintah dan penyelenggara untuk penonton menuju Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 27-29 September 2024.

"Shuttle bus ini untuk di dalam dan di luar. Untuk di dalam itu disiapkan oleh ITDC dan di luar disiapkan pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan," kata Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal, di Mataram, beberapa waktu lalu (20/9). Seperti dikutip dari Antara.

Dikatakannya, penyediaan shuttle bus untuk tahun ini tidak sama seperti perhelatan MotoGP 2022, dan MotoGP 2023. Kalau sebelumnya pemerintah menyiapkan lima lokasi, namun untuk tahun ini hanya ada dua lokasi.

Di lokasi pertama sebanyak 150 bus yang disiapkan mulai dari kantong parkir timur dan barat menuju pintu sirkuit yang ada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Lokasi kedua, tersedia 50 bus yang disiapkan di bekas Bandara Selaparang di Kota Mataram dan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) di Kabupaten Lombok Tengah. "Tapi dari Bizam menuju sirkuit itu masih tentatif sifatnya. Karena mobilitas penonton itu paling banyak dari Kota Mataram. Namun, pastinya nanti kita lihat lagi situasinya seperti apa," terangnya.

Menurut Faozal, shuttle bus ini disediakan gratis bagi penonton yang sudah memiliki tiket MotoGP 2024 seri Indonesia. "Jadi ini disediakan gratis untuk mengangkut penonton MotoGP," ujarnya.

Baca juga: Persiapan Total Sarana Transportasi Selama MotoGP Mandalika 2024

Baca juga: Truk-truk Ini Berjasa Angkut 500 Ton Logistik Pasca MotoGP Mandalika

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait