Truk-truk Ini Berjasa Angkut 500 Ton Logistik Pasca MotoGP Mandalika

Truk-truk Ini Berjasa Angkut 500 Ton Logistik Pasca MotoGP Mandalika
Siap diterbangkan menuju Australia
 

Indonesia kembali disorot mata dunia internasional setelah sukses menggelar MotoGP Mandalika 2023. Menariknya Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP memberikan apresiasi positif pada gelaran Grand Prix Mandalika 2023 yang tuntas dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 13-15 Oktober 2023 yang lalu.

Selanjutnya Sobat tentu penasaran bukan bagaimana urusan logistik semua perlengkapan MotoGP setelah semuanya selesai? Jawabannya kami rangkum dari laporan udara via drone unggahan akun YouTube Jhony Ahmad Ch. Pada video berdurasi 15,23 menit ini, visual pertama yang terlihat ialah jajaran truk-truk tronton bermodel flat deck mengangkut berbagai perlengkapan MotoGP dalam peti kayu dan sudah diwrapping termasuk menggendong new BMW M2 yang jadi Safety Car. 

Digambarkan juga bagaimana para pekerja merapihkan bagian tengah paddock serta beberapa area lain untuk kemudian mengangkut berbagai perlengkapan ke bak belakang light truk seperti Mitsubishi Canter dan juga Toyota Dyna. Pasalnya lepas event MotoGP, sirkuit Mandalika langsung menjamu pabrikan otomotif Inggris yakni Radical Motorsport yang melakukan test drive unit Radical SR3 XXR. 

"Selain itu juga untuk logistik MotoGP akan diterbangkan pada tanggal 17 Oktober 2023 menuju ke Australia ke (Sirkuit) Phillips Island, dimana untuk logistik keperluan DORNA maupun logistik MotoGP semuanya sudah dikemas dan akan diangkut atau diterbangkan menuju ke Australia," kata narasi dalam video. Nampak juga di sudut tribun lainnya ada sepasang Mitsubishi Canter yang salah satunya dipasang Hydraulic Crane untuk mengangkut beberapa material konstruksi dan barang-barang lain seperti genset.

Total berat logistik MotoGP dan Dorna mencapai 500 ton (YouTube : Jhony Ahmad Ch)

Lebih lanjut dari video kita juga disuguhkan kondisi di area belakang paddock dimana terparkir sebuah Toyota Hilux dan HiAce. Juga aktivitas beberapa pekerja melakukan perapihan bagian-bagian tenda dibantu forklift. "Selain itu ada juga logistik MotoGP dan keperluan Dorna lain sudah dikemas (dalam peti kemas) siap diterbangkan ke Australia," tutur narasi di video lagi.  

Dari keterangan di video juga terungkap jika total logitik MotoGO dan keperluan DORNA tersebut mencapai 500 ton. "Di Minggu sore sesusai balapan, para kru langsung mengemas barang-barang mereka. Rentan waktu para kru untuk berkemas cukup singkat. Sejak pukul 14.00 WITA, logistik didampingi Bea Cukai sudah melakukan pengemasan logistik untuk kelas Moto2, Moto3, dan MotoGP dan semua logistik akan segera dikirim pada hari ini menuju dari Bandara Lombok ke Australia menggunakan pesawat kargo," urai narasi di video lagi.

Segala kebutuhan logistik MotoGP dan DORNA diharapkan bisa tiba setidaknya 4 hari sebelum perhelatan MotoGP Australia yang akan dimulai 20-23 Oktober 2023 di di Sirkuit Phillip Island, Australia.

Baca juga: Membedah Monster Tambang Scania R620-A6X4 Single Trailer

Baca juga: Truk Medium Tronton Pertama Di Indonesia