Diam-Diam Klakson Basuri Mendunia, Diangkat Media Inggris Banjir Komentar

Diam-Diam Klakson Basuri Mendunia, Diangkat Media Inggris Banjir Komentar
Mengikuti jejak Telolet
 

Klakson basuri yang digunakan banyak bus maupun truk kembali mengulang sukses klakson telolet yang menyita perhatian media luar negeri.

Unilad, perusahaan media online asal Inggris kepincut mengekspos fenomena klakson basuri via laman Facebooknya, Unilad Sound.

Unilad Sound di bawah naungan LADbible Group mengunggah video "Basuri Musical Bus Horn" pada akhir April lalu. 

Dalam videonya, mereka mengambil gambar suasana dari kabin truk di Indonesia tengah terjebak kamacetan di terowongan sembari membunyikan klakson basuri. 

"Klakson musikal basuri yang mengagumkan. Ini berbeda jauh dari tipikal klakson mobilmu. Bayangkan kamu mendengarnya saat terjebak di kemacetan" tulis Unilad mengawali caption videonya. 

Klakson basuri bersuara lantang hingga 135 Decibel (Db) terdiri dari 6 sampai 7 klakson angin yang dirangkai menjadi satu. 

undefined

Bunyi suara musikal yang unik dan khas dihasilkan dari modul klakson yang dirangkai secara digital dan diinput lagu serta nada-nada kekinian yang lagi tren.

Banyak yang berminat memasang klakson ini, tak terhitung berapa bus reguler mapun instansi dan juga pariwisata memasang paket klakson yang harganya bisa mencapai Rp 6 jutaan per paket.

Tentu saja, unggahan tim Unilad Sound sukses memancing ribuan komentar khalayak dunia maya.

Umumnya komentar yang dilontarkan bernada pujian, namun tak sedikit juga yang menyindir. 

"That would ease the tension" komen West-Bacon Lola yang beranggapan jika klakson basuri dibunyikan pasti akan meredakan ketegangan saat terjebak macet. 

"Awesome music but too much noise", komentar Anuk Perera yang cukup kagum namun menyoroti soal kerasnya volume klakson basuri.

Konon sudah ada 'paket hematnya' untuk dipasang di mobiil kecil

Sedikit berbeda dengan dua komentar di atas, Hassan Baig justru beranggapan jika klakson basuri masih tidak ada artinya. 

"This is nothing, come to Pakistan baby," tukas Hassan yang mengklaim jika volume klakson basuri masih kalah jika dibanding klakson bus dan truk di Pakistan.

Suara klakson basuri memang cukup identik dengan negara Pakistan dan India. Pasalnya suara klakson basuri diyakini berasal dari modifikasi nada tarian ular Nagin. Lalu untuk nama Basuri disinyalir merujuk pada nama salah satu produk klakson Basuri yang paling pertama dibuat.   

Sukses diangkat dan menjadi perhatian di luar negeri, euforia klakson basuri di Tanah Air memang merembet dan bikin permasalahan baru. 

Lantaran bus berklakson basuri kerap dihadang para pecinta bus atau gerombolan anak-anak di bawah umur agar sopir membunyikan klakson basuri.