Ford F-150 Lightning Akan Jadi 'Pace Car' Di NASCAR

Ford F-150 Lightning Akan Jadi 'Pace Car' Di NASCAR
Pertama kali dalam sejarah, mobil pace car, yang berfungsi seperti safety car di Formula 1, menggunakan mobil listrik, bahkan sebuah pikap!
 

Pace car atau safety car sangatlah penting di gelaran motorsport. Berfungsi sebagai mobil yang pertama kali melewati lintasan, sambil melakukan pemeriksaan kelayakan untuk dipakai lomba.

Umumnya, mobil tersebut memiliki kemampuan melaju kencang di lintasan, karena perlu waktu tidak lama sebelum lomba dimulai. Sportscar, umumnya menjadi pace car di lomba, termasuk NASCAR, balap mobil yang populer di Amerika Serikat.

Namun akan ada hal berbeda saat lomba NASCAR akan berlangsung di Martinsville Speedway, Virginia, Amerika Serikat. Pace car yang akan digunakan pada lomba tersebut, adalah sebuah pikap double cabin! Bahkan tanpa mesin, melainkan menggunakan motor listrik.

Ford F-150 Lightning, yang merupakan pikap double cabin dengan sumber daya baterai, siap memulai lomba adu kencang yang sudah berlangsung sejak 1948 itu.  

Memang, banyak yang bertanya-tanya, apakah pikap listrik penuh tersebut bisa hadir di lomba  tersebut,  karena di pasar Amerika Serikat hanya ada dua pikap listrik, yaitu GMC Hummer EV dan Rivian R1T, yang sudah diluncurkan akhir tahun lalu.

Namun, Ford sudah berjanji akan mengirimkan F-150 Lighting pertama tersebut pada musim semi 2022. Apalagi, Ford terus meningkatkan investasinya di F-150 Lightning dan berkomitmen untuk meningkatkan produksi dan pengiriman di masa depan.

Konon, tampaknya pikap listrik sudah terjual habis untuk model tahun 2022. Ford telah menerima sekitar 200.000 pemesanan sejak pertama kali diperkenalkan pada Mei 2021.

Lightning akan debut sebagai kendaraan kecepatan NASCAR 7-9 April 2022, selama acara NASCAR Cup Series di Martinsville Speedway.

Manajer pemasaran Ford Performance Jeannee Kirkaldy mengatakan, Ford sepenuhnya berinvestasi dalam elektrifikasi dan respons terhadap Lightning sangat luar biasa, sehingga merupakan keputusan yang mudah untuk membawanya ke acara NASCAR.

"Satu hal yang pasti kami ketahui adalah bahwa penggemar kami menyukai pikap dan kami yakin perasaan itu hanya akan tumbuh ketika mereka melihat Lightning keluar di trek yang memimpin lapangan menjadi 'hijau'," ungkapnya.