Ini Penampakan Bus Listrik Baru Metrotrans, Pakai Armada Lower Deck Dari BYD

Ini Penampakan Bus Listrik Baru Metrotrans, Pakai Armada Lower Deck Dari BYD
Dua bus BYD, yakni model BYD K9 dari jenis big bus dan medium bus BYD C6 kerap diuji oleh Transjakarta, tapi ini beda.
 

Penggemar bus Transjakarta (TJ) mungkin sudah tidak asing dengan sosok bus listrik BYD. Ini karena sejak beberapa tahun terakhir, dua bus jenis BYD K9 dan BYD C6 kerap diuji oleh TJ.

Eits, nanti dulu, pasalnya bus ini adalah produk baru yang dikabarkan siap hadir di Monas dalam rangka perayaan ulang tahun Jakarta. Dari sisi eksteriornya pun berbeda total.

Hal ini terlihat dari desain karoseri bus baru ini yang lebih kotak dari K9 sebelumnya. Sedangkan secara spek, tetap sama-sama menampilkan sosok big bus lower deck yang memudahkan akses penumpang lewat pintu sampingnya yang lebar.

Yang menarik, berbeda dari versi sebelumnya yang belum ditentukan peruntukan dinasnya, maka bus ini sudah paten akan mengisi armada Metrotrans.

Seperti diketahui, armada Metrotrans dikenal sebagai salah satu pengumpan (feeder) dari rute koridor di Transjakarta. Seperti rute Blok M-Ragunan, Pinang Ranti-Pulo Gadung atau Kampung Rambutan-Lebak Bulus.

Selama ini bus-bus Metrotrans mengandalkan sasis medium, atau big bus lower deck sekelas Scania K250UB atau Mercedes-Benz O500U 1726.

 

Foto: Tejo Jati Prayogo, Prasetyo McFadden