Intip Detail Truk Listrik Volvo Truck FM Electric

18 September 2024
Ilham Pratama
 
Pekan lalu Volvo Truck mengejutkan pasar truk heavy duty di tanah air dengan merilis produk full elektrik mereka, FM Electric.
 

Pekan lalu (12/9) Volvo Truck mengejutkan pasar truk heavy duty di Tanah Air dengan merilis produk full elektrik mereka, FM Electric. Peluncuran ini disebutkan sebagai langkah untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam percepatan perkembangan kendaraan listrik.

Eka Lovyan, COO PT Indotruck Utama selaku distributor Volvo Trucks menyatakan jika saat ini truk listrik ini tengah dalam tahap homologasi, tapi sudah dijual umum. "Sambil homologasi, kita juga jual. Untuk harga tentu diatasnya yang varian diesel. Yang tertarik dengan truk ini kebanyakan perusahaan logistik ada yang dari Jakarta dan Surabaya,” ungkapnya saat ditemui langsung di sesi uji coba publik di kawasan TMII, Jakarta Timur pekan ini (18/9). .

Kendaraan tipe tractor head ini menjadi merek Eropa pertama yang menghadirkan truk listrik di segmen heavy duty untuk pasar Indonesia.

Ada sejumlah keunggulan yang coba dihadirkan dari truk ini. Apa saja?

Tanpa Emisi 

Truk ini beroperasi sepenuhnya dengan tenaga listrik, tanpa menghasilkan emisi knalpot, yang secara signifikan mengurangi jejak karbon dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih.

Tanpa mesin bakar, Volvo FM Electric bebas emisi

Terdapat 3 unit motor listrik dengan output maksimal mencapai 490 kW yang ditunjang dengan transmisi i-Shift dengan electric 12 speed propulsion gearbox.

Kinerja Tinggi 

Dilengkapi dengan teknologi baterai canggih, truk ini menawarkan jangkauan optimal dan daya yang andal, memastikan kemampuannya untuk menangani operasi transportasi komersial.

Baterainya bertipe lithium dengan total lima unit yang berkapasitas 450 kWh. Jarak jelajahnya mencapai 340 kilometer dalam kondisi baterai penuh dan ada opsi penggunaan enam baterai yang menambah cakupan menjadi 380 kilometer. 

Sekali pengecasan, truk ini membutuhkan waktu hingga 10 jam dengan penggunaan AC charging. Sedangkan DC charging hanya membutuhkan waktu 2 jam saja.

Pengecasan paling singkat butuh waktu 2 jam

Efisiensi Biaya 

Karena menghilangkan kebutuhan akan mesin diesel, truk ini tidak hanya mengurangi biaya bahan bakar tetapi juga menurunkan biaya perawatan karena memiliki lebih sedikit komponen bergerak dan penurunan keausan. 

Keamanan dan Kenyamanan 

Truk ini dirancang dengan fokus khas Volvo pada keamanan dan kenyamanan pengemudi, dengan sistem canggih untuk melindungi operator dalam berbagai kondisi. Termasuk dengan adanya fitur Electronic Steering Program, Active Grip Control, Lane Keeping Support, Side Collision Avoidance Support dan Driver Alert Support.

Interior Volvo FM Electric, simpel dan canggih 

Pengalaman Terbukti dalam Truk Listrik 

Sejak 2019, Volvo Trucks telah mengirimkan truk listrik ke pelanggan di 45 negara di enam benua. Saat ini, Volvo memimpin pasar truk listrik berat, baik di Eropa (56% pangsa pasar) maupun Amerika Utara (44% pangsa pasar). 

Alasan konsumen memilih truk listrik mereka didasari atas “Kalau Volvo kan identik dengan comfort, safety, dan durabilty, kita berharap orang beli bisa dipakai lama,” pungkas Eka.

Baca juga: Volvo FM Electric Resmi Meluncur, Jadi Truk Listrik "Heavy Duty" Pertama di Indonesia

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Kendaraan Logistik Tenaga Listrik Di IKN

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait