Pramudi Truk Tidak Konsenterasi, Penyebab Laka Sepasang Bus Dan Truk Di Bali

19 September 2024
Erie W. Adji
 
Kerugian ditaksir ratusan juta
 

Kecelakaan beruntun melibatkan empat kendaraan besar yakni dua bus dan dua truk di jalur Denpasar-Gilimanuk, Banjar Tirtakusuma, Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Jembrana, di sebuah sore hari pekan ini (17/9). Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materiil ditaksir capai ratusan juta serta sempat menyebabkan kemacetan panjang di jalur tersebut.

Kapolsek Melaya, AKP I Ketut Sukadana, menjelaskan bahwa kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 15.20 WITA. Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa bermula saat sebuah truk tronton dengan nomor polisi B-9552-BYT dikemudikan Wahyu Riyanto (33), bergerak dari arah barat ke timur atau dari arah Gilimanuk menuju Denpasar.

Saat memasuki Banjar Tirtakusuma, Desa Candikusuma, tepatnya di KM 109-110, kemudian berusaha mendahului truk dengan nomor polisi DK-8599-UM yang dikemudikan Rizal Maulana Febrian P (26) asal Buleleng.

Namun, dari arah berlawanan, muncul dua bus besar yang melaju cukup kencang dengan nomor polisi AB-7551-AS yang dikemudikan Santoso (47) asal Sleman, Yogyakarta, dan telah berusaha mengerem mendadak. Namun sebuah bus lagi yang berada tepat dibelakangnya yang dikemudikan Hidayanto Tri Setyo Yuono (40) asal Jawa Tengah, tak dapat menghindar dan menabrak bagian belakang bus yang dikemudikan Santoso. 

"Benturan keras ini membuat bus Mercedes Benz terdorong ke kanan dan menabrak sisi kanan truk tronton Mitsubishi," ungkap AKP I Ketut Sukadana.

Tak berhenti sampai di situ, truk tronton Mitsubishi yang terdorong ke belakang kemudian ditabrak oleh truk Toyota dengan nomor polisi DK-8599-UM. "Kecelakaan ini diduga akibat pengemudi truk tronton yang kurang berhati-hati saat mendahului kendaraan di depannya," ujarnya lagi.

Akibat kejadian ini, keempat kendaraan mengalami kerusakan cukup parah. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian materiil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Pihak kepolisian saat ini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kecelakaan beruntun ini. Kapolsek juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan, terutama di jalur Denpasar-Gilimanuk, agar selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas, demi keselamatan diri dan orang lain.

Baca juga: Korlantas Polri: Kecelakaan Bisa Tingkatkan Kemiskinan

Baca juga: MTI: Regulasi Untuk Sopir Perlu Dibuat Segera

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait