Karena Regulasi, Volvo FM Electric Batal Pakai Dua Fitur Ini...

19 September 2024
Ilham Pratama
 
Volvo FM Electric hadir di Indonesia dengan sejumlah fitur yang terbilang canggih. Bahkan dapat disejajarkan dengan fitur-fitur yang tertanam pada kendaraan penumpang kelas mewah.
 

Volvo FM Electric hadir di Indonesia dengan sejumlah fitur yang terbilang canggih. Bahkan dapat disejajarkan dengan fitur-fitur yang tertanam pada kendaraan penumpang kelas mewah. 

Sebut saja fitur sunroof, spidometer digital, electric parking brake, hingga AC dengan climate control dan driving mode. Tak ketinggalan, urusan kenyamanan seperti suspensi udara dan kasur penumpang juga hadir di truk listrik ini. 

Urusan keselamatan berkendara, brand Volvo juga punya sejarah panjang. Sehingga sudah ada peranti Electronic Steering Program, Active Grip Control, Lane Keeping Support, Side Collision Avoidance Support dan Driver Alert Support.

Tak kalah canggih, sejatinya Volvo FM Electric juga sudah dibekali dengan spion model kamera yang menawarkan visibilitas lebih baik dan daya hambatan angin yang lebih minim. Eits, itu hanya tersedia di pasar global lho.

Karena varian yang dijual di Indonesia tetap mengandalkan spion kaca konvensional. Untuk model kamera, bisa dipakai sebagai fitur opsional. "Spion kamera enggak dipasang karena regulasi mengharuskan spion harus berbentuk kaca," jelas Isdanarto, Training Manager Indotruck Utama, ditemui saat uji coba publik di kawasan TMII, Jakarta Timur (18/9).

Meski demikian, fitur lain seperti radar dan kamera mundur tetap tersedia sebagai bawaan dari truk listrik bertipe Tractor Head ini.

Ternyata bukan hanya spion kamera yang absen di Indonesia karena regulasi. Tapi warna bodi pun sudah diatur oleh undang-undang yang mengharuskan Volvo FM Electric ini hanya beredar dengan kelir putih saja.

"Trailer 40 feet di Indonesia wajib berwarna putih. Ini terkait peraturan nomor 74 tahun 1995. Jadi meski Volvo punya 120 warna tapi yang masuk Indonesia cuma putih. Ini juga berlaku pada kendaraan mining (tambang) yang wajib putih, termasuk mobil kecil. Karena unsur safety, warna putih eye catching,"jelas Isdanarto. 

Baca juga: Volvo FM Electric Resmi Meluncur, Jadi Truk Listrik "Heavy Duty" Pertama di Indonesia

Baca juga: Truk Listrik Mercedes-Benz Akan Rilis Di Indonesia Tahun 2025?

Spion berupa kamera, fitur standar Volvo FM Electric yang tidak bisa dipakai di Indonesia

Diklaim lebih safety namun kondisi jalan dan lalu lintas di Indonesia belum memungkinkan spion diganti kamera

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait