Kendaraan Niaga Toyota Siap Mendukung Standar Emisi Euro 4

Kendaraan Niaga Toyota Siap Mendukung Standar Emisi Euro 4
Sejak diberlakukannya standar emisi Euro 4, Toyota Indonesia pun memasarkan kendaraan Toyota New Dyna dan New HiAce bermesin Euro 4.
 

PT Toyota Astra Motor (TAM), distributor kendaraan Toyota di Indonesia, menghadirkan New HiAce dan New Dyna, untuk memenuhi kebutuhan kendaraan niaga di Indonesia. Seiring dengan pemberlakuan standar emisi Euro 4 di Indonesia, baik New HiAce maupun New Dyna sudah menggunakan mesin berstandar Euro 4.

“New Hiace diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan industri wisata, travel, kesehatan dan industri lainnya dengan meningkatkan kinerja engine yang lebih bertenaga dan efisien, serta improvement pada beberapa fitur untuk memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik kepada pelanggan. Sementara New Dyna diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan logistik dengan mesin yang berperforma tinggi dan desain yang lebih gagah. Baik New Hiace dan New Dyna kini juga telah lolos uji emisi Euro 4 sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata Susumu Matsuda, President Director PT TAM.

Toyota New HiAce, yang menjadi penguasa kelas commercial van sebanyak 97,87% pada tahun 2021, mengalami pembaruan. Pada tipe HiAce Commuter, mesin 1KD-FTV, ditingkatkan kemampuannya melalui penambahan kapasitas mesin, menjadi 2.982 cc. Tentunya mesin ini pun sudah memenuhi standar emisi Euro 4.

Adapun beberapa sentuhan penyegaran diberikan pada HiAce Commuter 16-seater. Pada tampilan eksterior, terdapat New Electric-Retractable Outer Mirror, New LED Foglamp, serta pilihan warna Silver Metallic dan White.

Untuk memudahkan parkir, didukung dengan New Parking Sensor. Terdapat juga tambahan fitur USB Charging sebanyak 4 ports untuk memastikan seluruh penumpang memperoleh akses charging baterai smartphone. HiAce Commuter juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti 3-Points Seat Belt di seluruh bangku, Dual SRS Airbags, dan rem ABS+BA dengan piringan cakram di roda depan sebagai fitur keselamatan.

Model tertingginya Hiace Premio tetap mengandalkan mesin 1GD-FTV 2.800 cc 4 silinder VNT Intercooler, bertransmisi manual 6 percepatan yang sudah terbukti ketangguhannya sejak 2019.

Apalagi sekarang unit diesel ini sudah memenuhi aturan emisi Euro 4. Dapur pacu ramah lingkungan ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 176,8 PS pada 3.400 rpm dan torsi 420 Nm pada 1.400 – 2.600 rpm.

Desain luar HiAce Premio yang modern dan berkelas juga mendapatkan tambahan New Parking Sensor. Sementara fiturnya kini dilengkapi dengan USB Charging sebanyak 4 ports, New Parking Camera, dan Display Audio AVX 7 Inci guna memenuhi kebutuhan hiburan seluruh penumpang.

 

Sebagai model paling mewah dengan menawarkan kenyamanan kabin, HiAce Premio memiliki 10 Rear Seat Number and Arrangement untuk memastikan seluruh penumpang dapat menikmati perjalanan dengan rileks dan tenang.

Sementara itu, New Dyna kini hadir dengan line-up baru melalui 3 tipe, yaitu 115 ST 4x2, 5 MT, 136 HT HI-GEAR 4X2, 6 MT, dan 136 HT HI-GEAR 4X2 ,6 MT (PTO). Power Take Off (PTO) adalah fitur yang menyalurkan tenaga mesin untuk menggerakkan perangkat lain seperti alat untuk mengangkat bak pada dump truck.

Bersamaan dengan pelaksanaan aturan standar emisi Euro 4 untuk mesin diesel, Toyota memasang mesin baru N04C-W 4.000 cc. Tidak hanya ramah lingkungan, powertrain New Dyna tersebut, memiliki tenaga dan torsi lebih besar, serta lebih efisien.

Tercatat, tenaga yang dihasilkan mencapai 115 PS pada 2.500 rpm dan torsi 350 Nm pada 1.200 – 2.200 rpm untuk 115 Series. Sedangkan untuk 136 Series, tenaganya mencapai 136 PS pada 2.500 rpm dan torsi 390 Nm pada 1.400 – 2.500 rpm. New Dyna 115 Series masih memanfaatkan transmisi manual 5 percepatan, sedangkan 136 Series menggunakan transmisi manual 6 percepatan baru.