Kolaborasi Sistem Keselamatan Pada Kendaraan Komersial

Kolaborasi Sistem Keselamatan Pada Kendaraan Komersial
Untuk meningkatkan keselamatan di jalan, beberapa perusahaan otomotif berkolaborasi mengembangkan sistem berdasarkan Automatic Mapping Platform.
 

Keselamatan berkendara, tentu menjadi hal penting bagi pengguna jalan. Termasuk tentunya pada kendaraan niaga, baik yang tergolong ringan, hingga truk Heavy Duty. Salah satunya bentuk pendukung keselamatan berkendara, adalah dengan menambahkan fitur-fitur terkini yang berupa bantuan (driver assist) bagi pengemudi.

Woven Alpha, Inc. (Woven Alpha), perusahaan dari grup Woven Planet Holdings, Inc. (Woven Planet), yang merupakan anak perusahaan Toyota Motor Corporation (Toyota), berkolaborasi dengan Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corporation (MFTBC) untuk mengeksplorasi dan mengembangkan Advanced Driver Assist System (ADAS) dengan Automatic Mapping Platform (AMP).

Inisiasi hubungan Woven Alpha dan MFTBC ini, menandai kolaborasi lintas industri. Secara bersama-sama melakukan penelitian uji lapangan dan pada laboratorium, untuk pengembangan dan penerapan fungsi keselamatan yang ditingkatkan.

Kolaborasi ini akan mengeksplorasi penggunaan AMP dengan MFTBC ADAS serta keuntungan menggunakan peta High Definition (HD) AMP dibandingkan peta konvensional.

Penerapan pertama AMP adalah dengan memberikan Entering Curve Speed Warning (ECSW) atau peringatan saat menikung cepat yang akurat dari  MFTBC pada truk Super Great mereka.

Hasil penelitian ini, akan digunakan untuk meningkatkan kinerja ADAS di kendaraan komersial.

Jadi, berdasarkan data kondisi lingkungan berdasarkan pantauan GPS dan sensor pada AMP, maka akan disinergikan dengan fitur ECSW yang akan secara otomatis mengurangi kecepatan dan jika diperlukan akan mengaktifkan sistem pengereman, jika dinilai terlalu kencang di tikungan.

“Kami di MFTBC sudah mendekati teknologi bantuan mengemudi otomatis dan juga teknologi mengemudi otonom di luar itu. Sebagai titik fokus strategis dalam memproduksi kendaraan komersial yang lebih aman. Kami melakukan yang terbaik untuk mengembangkan teknologi ini, karena kami percaya bahwa mereka akan segera menjadi sangat diperlukan di dunia kita,” ujar Hironobu Ando, Senior Vice President, Head of Product Engineering, MFTBC, seperti dilansir dari Toyotaglobalnews.