Mengenal e-Palette Kendaraan Otonom Untuk Olimpiade 2020 Jepang

Mengenal e-Palette Kendaraan Otonom Untuk Olimpiade 2020 Jepang
Olimpiade 2020 di Jepang tengah berlangsung. Pada perhelatan akbar ini, terdapat sarana transportasi canggih, bus tanpa supir dari Toyota, e-Palette.
 

Toyota, sebagai perusahaan tuan rumah, turut mendukung penyelenggaraan lomba olah raga berskala dunia yang akan diselenggarakan di Tokyo itu. Salah satu kontribusi yang dilakukan, Toyota e-Palette dijadikan alat transportasi untuk membantu mobilitas para atlet.

Pertama kali diperkenalkan pada 2018, e-Palette merupakan kendaraan pertama Toyota yang dikembangkan khusus untuk mobilitas otonom. Untuk Tokyo 2020, Toyota mengembangkan e-Palette dengan sebutan Tokyo 2020 Version. Kendaraan ini disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik di perkampungan atlet. Tampil dengan pintu elektrik yang besar dan landai, sehingga memungkinkan kelompok atlet untuk naik lebih cepat dan mudah. Toyota e-Palette ini, dikendalikan oleh sistem penggerak otomatis yang mampu beroperasi hingga 20 km/jam didukung operator keselamatan di dalam kabin (on-board).

Desain depan dan belakang yang simetris, dengan roda di tiap sudut, membuat ruang kabin jauh lebih lega.

Untuk memudahkan akses pada penggunanya, terdapat pegangan tangan dan kursi yang mudah digunakan oleh berbagai postur manusia. Kendaraan ini juga dilengkapi lantai, trim, tempat duduk dan komponen lainnya dengan warna kontras, sehingga sangat membantu bagi orang buta warna. Akses masuknya, e-Palette dilengkapi pintu geser besar, lantai rendah, ramp elektrik dan sistem Arrival Control yang akan berfungsi saat mendekati tujuan. Sangat memudahkan, termasuk mereka yang menggunakan kursi roda, sehingga dapat masuk dan keluar dengan cepat dan mudah.

Dengan wheelbase yang panjang dan lantai rata, e-Palette dapat mengangkut empat penumpang dengan kursi roda secara bersamaan, termasuk juga tambahan penumpang yang berdiri di waktu sama.

"Atlet-atlet bekerja tanpa lelah untuk mencapai hal yang sebelumnya dianggap mustahil dan kami ingin memberi mereka kendaraan yang dirancang dan dikalibrasi secara khusus agar sesuai kebutuhan mobilitas mereka selama Tokyo 2020," kata Takahiro Muta, pemimpin pengembangan untuk versi unik e-Palette Tokyo 2020.