Mitsubishi Fuso: Intensif Latih Calon Mekanik Handal

Mitsubishi Fuso: Intensif Latih Calon Mekanik Handal
Untuk semua wilayah Nusantara
 

Kebutuhan mekanik skillful bagi sebuah APM merupakan konsiderasi yang perlu dipersiapkan secara berkala. Karena hal ini akan berkaitan langsung standar mutu layanan yang diberikan oleh APM bersangkutan.  

Seperti yang dilakukan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia. Kali ini KTB  telah meluluskan 12 peserta program Special Manpower of Ability, Reliable and Tactical (SMART) untuk menyediakan kebutuhan mekanik berstandar professional bagi konsumen fleet.

 Ini merupakan kali perdana bagi Mitsubishi Fuso melaksanakan program SMART yang dimulai pada 26 Februari 2024 di Krama Yudha Regional Training Centre (KRTC) Makassar.

Program SMART ini merupakan salah satu pilar “customer business consultant” untuk menghadirkan program pelatihan guna menghasilkan mekanik professional yang dapat beroperasi di lokasi konsumen sebagai layanan purna jual yang handal.

Salah satu tujuannya, pada saat nantinya bisa memastikan unit yang dimiliki konsumen akan ditangani oleh mekanik yang berstandarisasi. Seiring dengan potensi peningkatan jumlah konsumen Fuso dari seluruh Nusantara.

Dalam menghasilkan mekanik handal tentunya melalui proses yang ketat. Peserta yang mengikuti tahap seleksi pada program ini harus menyelesaikan pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terlebih dahulu. Setelah lolos, peserta akan mengikuti program pembekalan dan pelatihan selama kurang lebih 8 minggu. Peserta juga akan diberikan uang saku selama berlangsung nya program dan bukti standarisasi Mitsubishi Fuso sebagai mekanik junior setelah lulus.

Aji Jaya, Sales Director & Marketing Division KTB, dalam keterangan resminya menyampaikan, “Kami akan selalu siap memberikan layanan-layanan terbaik kami untuk memenuhi kebutuhan bisnis konsumen. Dengan meluluskan mekanik-mekanik handal dari program SMART ini kami harap bisa mendukung kebutuhan mekanik internal untuk Fleet yang saat ini sulit untuk mendapatkan mekanik berstandarisasi dan siap kerja.”

Buka pusat suku cadang di pelosok Kalimantan Timur

Dilain kesempatan KTB bersama PT. Mandau Berlian Sejati, membuka Service Point yang dilengkapi dengan Mobile Part Depo di Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur. Lokasi ini berjarak sekitar 300 kilometer dari kota Samarinda.

Pembangunan Service Point yang dilengkapi dengan Mobile Part Depo ini adalah yang pertama di Kalimantan Timur. Ini merupakan bagian dari salah satu pilar Mitsubishi Fuso sebagai Andalan Bisnis Sejati yaitu “Zero Down Time” dimana Fuso memberikan layanan purna jual mulai dari perawatan kendaraan hingga penyediaan suku cadang asli yang dekat dengan opersional bisnis konsumen sehingga operasional kendaraan konsumen lebih terjamin.

Pembukaan pusat servis dan suku cadang itu didasari adanya tak kurang 994 unit truk Mitsubishi Fuso yang beroperasi di wilayah tersebut. Ditambah lagi, sebelumnya kebutuhan servis dan suku cadang ditangani oleh bengkel resmi yang berada di wilayah Melak. Jaraknya sekitar 295 kilometer dari Barong Tongkok.

Dikdik Hermawansyah, Department Head Service Business Development KTB dalam keterangan resminya menyampaikan, “Kami akan terus berusaha memberikan layanan purna jual yang baik mulai dari service sampai pembelian spare part dan bisa dijangkau hingga ke pelosok-pelosok daerah untuk membantu operasional bisnis konsumen.”