Scania Indonesia dan United Tractors Siap Dukung Penerapan Kebijakan Emisi Euro 4

Scania Indonesia dan United Tractors Siap Dukung Penerapan Kebijakan Emisi Euro 4
Didukung dengan teknologi terkini, armada Scania siap mendukung kebijakan Euro 4 di Indonesia.
 

Untuk mewujudkan program pemerintah dengan penerapan standar emisi Euro 4, PT United Tractors dan Scania Indonesia menghadirkan truk dan bus dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) berstandar emisi Euro 4 dan Euro 5, untuk mewujudkan sistem transportasi Indonesia yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui pengurangan emisi gas buang.

Corporate Governance & Sustainability Division Head PT United Tractors Tbk, Sara K. Loebis, mengatakan, United Tractors menghadirkan Scania truk dan bus menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) berstandar emisi Euro 4 dan Euro 5 di Indonesia, sebagai komitmen perusahaan untuk mendukung t Standar Emisi Euro 4.

“Menjelang diberlakukannya aturan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel di Indonesia pada April 2022, demi mengurangi emisi gas rumah kaca, United Tractors sebagai distributor tunggal Scania di Indonesia siap memasarkan produk yang ramah lingkungan. Tentunya dengan penerapan standar Euro 4 yang tidak hanya berdampak positif untuk lingkungan dan kesehatan, melainkan juga bagi seluruh pelaku bisnis transportasi,” kata Sara dalam keterangan tertulis, Rabu (30/3).

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia, sektor transportasi adalah sumber pencemaran yang utama di wilayah perkotaan. Emisi kendaraan bermotor berkontribusi sebesar 70% terhadap pencemaran Nitrogen Oksida (NOx), Karbon Monoksida (CO), Sulfur Dioksida (SO2) dan Partikulat (PM) di wilayah perkotaan. Menjawab masalah tersebut, penerapan Standar Euro 4 akan memberikan dampak positif bagi Indonesia dan seluruh pelaku bisnis transportasi karena dapat membantu menurunkan pencemaran udara.

Scania Truck Euro 4 dan Scania Bus Euro 5 memilki lima keunggulan.

Pertama, Selective Catalytic Reduction (SCR) technology.Teknologi aftertreatment pengendalian sisa pembakaran yang mampu mengurangi 85%-95% emisi NOx dan PM. Pengunaan teknologi SCR memberikan banyak keuntungan pada kendaraan di antaranya adalah umur mesin yang lebih tahan lama, akselerasi yang tetap prima, konsumsi bahan bakar efisien dan meminimalkan risiko kontaminasi oli.

Kedua, Fuel Efficiency. Pengembangan mesin dan komponen lainnya, seperti kapasitas pendingin, injektor, ruang pembakaran, serta inovasi teknologi di generasi Scania terbaru, berkontribusi terhadap penurunan konsumsi bahan bakar yang berdampak langsung terhadap penurunan emisi CO2.

Ketiga, Comply B30-B100. Scania menawarkan cakupan terluas untuk penggunaan bahan bakar alternatif di industri dengan CO2 reduction sampai dengan 90. Untuk di Indonesia, seluruh mesin Scania comply atau mampu bekerja menggunakan bahan bakar biodiesel B30-B100 yang sangat ramah lingkungan.

Keempat, Safety. Keselamatan penumpang dan pengemudi adalah prioritas. Seluruh cabin pada generasi terbaru Scania telah lolos tes kecelakaan standar EURO ECE R29 & Swedish VVFS 2003:29, yang merupakan standar terketat di dunia. Selain itu produk ini dilengkapi dengan sistem pengereman yang andal berupa Electronic Braking System dan Anti-lock Braking System. Scania juga dilengkapi dengan Fleet Management Services (FMS) sehingga mitra usaha UT dapat mengawasi penggunaan armadanya kapanpun dan dimanapun.

Kelima, Comfort. Desain kabin yang mudah diakses, mudah dioperasikan, dan dilengkapi on-board driver coaching, yang membantu pengemudi agar optimal dalam berkendara. Produk Scania juga dilengkapi dengan Opticruise dan Suspensi udara, sehingga lebih nyaman.

Lebih lanjut, Sara menjelaskan bahwa, United Tractors tidak hanya memperhatikan kualitas produk,  namun juga menyediakan jaminan produk pada masa purnajual atau United Tractors Guaranteed Product Support (UT GPS).

Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam memberikan kemudahan akses informasi kepada mitra usaha, United Tractors juga menyediakan fasilitas UT Command Center, Mobile Apps UTConnect untuk Parts Order Tracking, Equipment Monitoring dan Complaint Handling langsung dari gadget para mitra usaha, serta Scania Maintenance Package (SMP) untuk memastikan perawatan berkala dijalankan oleh mekanik UT yang andal.