Skotlandia Operasikan Bus Tingkat Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia

Skotlandia Operasikan Bus Tingkat Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia
Armada Wrightbus yang dipakai bertipe Streetdeck FCEV. Bus tingkat pertama yang mengandalkan sumber tenaga hidrogen fuel cell. Sistem fuel cell-nya dibangun oleh Ballard Power Systems.
 

Kota Aberdeen di Skotlandia akan mengoperasikan bus tingkat (double decker) bertenaga Hidrogen Fuel Cell pertama di dunia. Rencananya, armada dari Wrightbus ini akan hadir pertengahan 2020.

Dilansir Sustainable Bus, ada 15 armada yang akan beroperasi. Perusahaan yang akan menjadi operatornya adalah First Aberdeen, bagian dari raksasa multinasional, First Group.

Rute yang akan dilalui oleh bus tingkat ini adalah Service 19, yakni dari Peterculter ke Tillydrone. Lalu Service X27 dari pusat kota ke Aberdeen International Airport via stasiun Dyce.

Sementara armada Wrightbus yang dipakai bertipe Streetdeck FCEV. Bus tingkat pertama yang mengandalkan sumber tenaga Hidrogen Fuel Cell. Sistem Fuel Cell-nya dibangun oleh Ballard Power Systems.

Bus sepanjang 10,9 meter ini mampu mengangkut 64 penumpang. Dilengkapi dengan baterai berdaya 48 kWh, Streetdeck FCEV mampu menempuh jarak hingga 322 km dan versi extended bisa mencapai 426 km.