Teknologi Yang Membuat Truk Trailer Tembus Pandang

Teknologi Yang Membuat Truk Trailer Tembus Pandang
Ketika berada di belakang trailer besar di jalan dua arah, cara ini sangat membantu ketika mendahului.
 

Berada di belakang truk trailer besar pada jalan dua arah, tentu pandangan ke depan sangat terbatas. Hanya bagian belakan trailer saja yang menjadi ‘pemandangan’ di depan kendaraan. Ingin menyalip, tentu harus mengetahui kondisi jalan di depan, apakah bisa melakukan overtaking.

Jika memiliki penglihatan Superman yang bisa menembus benda padat seperti tembok atau besi, tentu lain cerita. Pengemudi di belakang trailer bisa mengetahui kondisi jalan di depan truk besar tersebut.

Nah, harapan pengemudi ini, tampaknya sudah dipenuhi oleh perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Samsung. Dengan perangkat bertajuk Samsung Safety Truck, siapa pun yang berada di belakan trailer bisa mendapat bantuan ‘penglihatan’ untuk mengetahui kondis jalan di depan truk besar itu.

Dengan memanfaatkan kamera di depan truk, lantas menempatkan layar monitor di belakang kontainer, maka hasil tangkapan layar di depan truk akan muncul pada layar monitor, membuat pengendara di belakang truk trailer bisa mengetahui kondisi di depan truk.

Hal ini akan membantu ketika akan mendahului truk trailer tersebut, karena pengendara di belakang truk sudah mengetahui kondisi jalan di depan yang ideal untuk mendahului.

Terobosan ini sudah dilakukan oleh Samsung Argentina beberapa tahun lalu. Dengan menggunakan truk Volvo FH dengan kontainer yang dilengkapi dengan dua layar monitor Samsung OH46D, 46 inci yang dipasang vertikal pada masing-masing pintu kontainer.