Tengok Spek Ambulans Pasien Corona Dari DFSK

Tengok Spek Ambulans Pasien Corona Dari DFSK
Peranti yang sudah disiapkan untuk evakuasi pasien covid atau penyakit menular adalah stretcher isolator. Alat tersebut merupakan tempat berbaring pasien bersekat yang disesuaikan dengan pasien.
 

Penularan virus corona yang terbilang cepat dan masif membutuhkan penanganan khusus pada pasiennya. Untuk itu, dibutuhkan peralatan khusus untuk membawa pasien ke rumah sakit.

Seperti yang ditawarkan oleh ambulans DFSK Super Cab garapan karoseri PT Ambulance Pintar Indonesia (API). Di mana ambulans tersebut sudah mengikuti standar kesehatan untuk pasien corona dan penyakit menular lainnya.

Peranti yang sudah disiapkan untuk evakuasi pasien covid atau penyakit menular adalah stretcher isolator. Alat tersebut merupakan tempat berbaring pasien bersekat yang disesuaikan dengan kondisi pasien ODP.

Sebagai standar evakuasi pasien, mobil dilengkapi tabung oksigen, bangku pengiring, lampu geser operasi dan lemari peralatan medis. Juga ada lampu evakuasi malam dan tabung pemadam model serbuk. Di kabinnya yang ber-AC, terdapat sekat pemisah antara kabin driver dan bagian belakang.

Lalu terdapat DC radio untuk komunikasi dengan instansi lain seperti polisi dan pemadam. Mobil ini juga dipasang inverter kelistrikan untuk merubah arus DC ke AC. Hal ini berguna agar alat kesehatan bisa dipakai di dalam mobil.

"Semuanya sudah sesuai regulasi Permenkes mengenai ambulans yang bisa digunakan di Indonesia. Di dalam, equipmentnya juga diatur dari Kemenkes. Standardisasi ini sudah mengikuti peraturan yang ada dan kebutuhan konsumen," kata Ari Cukmara, Branch Manager Ambulance Pintar Indonesia, karoseri yang mengerjakan ambulans DFSK.

Selain menghadirkan ambulans evakuasi pasien corona, DFSK juga memiliki line up ambulans lain. Seperti ambulans transport standar dan jenazah. "Untuk tipe jenazah lebih standar, hanya dilengkapi lantai vynil, tanpa lemari dan tabung oksigen," tutupnya.