Terminal Barangsiang Bogor Siap Antisipasi Musim Mudik 2024

Terminal Barangsiang Bogor Siap Antisipasi Musim Mudik 2024
Sebagai salah satu terminal tersibuk di wilayah Jabodetabek
 

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan persiapan Terminal tipe A Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat untuk mudik Lebaran 2024. Seperti diungkapkan oleh Sekretaris BPTJ, Marta Hardisarwono, di kota Bogor (20/3) bahwa BPTJ melakukan pendataan angkutan penumpang bus dan jumlah penumpang yang masuk keluar terminal.

“Pemeriksaan kesehatan awak bus dan penumpang dilakukan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Jasa Raharja,” ujarnya, sebagaiman dikutip dari Antara.

Di samping itu, lanjut dia, dilakukan juga pemeriksaan teknis dan laik jalan kendaraan bus yang akan dioperasionalkan oleh petugas ramp check. Setelah itu, bus baru bisa beroperasi keluar terminal mengangkut penumpang.

“Jadi di Terminal Baranangsiang ini banyak bus yang hanya melintas. Tapi tetap saja biarpun melintas tetap kita lakukan ramp check kelengkapannya, supaya dari sisi keselamatannya tetap terjamin,” katanya lebih lanjut.

Marta mengatakan, BPTJ juga mengawasi dan mengendalikan kelancaran serta keamanan ketertiban lalu lintas pergerakan bus dan penumpang di terminal. “Kami juga melakukan pemantauan harga tiket bus selama masa angkutan Lebaran 2024. Pemantauan ini juga ada pic (penanggung jawab, Red)-nya,” ucapnya.

Sebagai langkah antisipasi, dia mengatakan, pada pelayanan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) masing-masing disediakan lima bus bantuan. Untuk mengantisipasi apabila ada bus yang bermasalah.

Kepala Terminal Baranangsiang, Moses Lieba Ary, menambahkan, di Terminal Baranangsiang sudah disiapkan pos kesehatan, wc umum, pelayanan posko kepolisian 24 jam, serta tempat laktasi.

Selain itu, ada dua ruang tunggu di lantai atas dan di depan loket PO bus. Menurut Moses, diprediksi puncak mudik akan terjadi pada H-7 lebaran dan H+7 lebaran. “Tapi kebanyakan penumpang nggak turun di terminal, tapi di pool-pool PO bus masing-masing,di rest area, dan di tol. Sehingga jumlahnya nggak sesuai dengan arus berangkat,” katanya.

Baca juga: Jasa Marga: Puncak Arus Mudik 6 April 2024

Baca juga: Ini Cara Daftar Mudik Gratis Pemprov DKI 2024