Tiga Pilihan Traktor Mini Wintor untuk Pacu Produktivitas Kebun Kelapa Sawit

Tiga Pilihan Traktor Mini Wintor untuk Pacu Produktivitas Kebun Kelapa Sawit
Selain memproduksi suku cadang kendaraan, PT Astra Otoparts Tbk juga memproduksi dan memasarkan traktor mini untuk kebutuhan angkutan dan transportasi di perkebunan.
 

Traktor mini ini diberi nama Wintor dan pernah ditampilkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2016 di ICE BSD City Tangerang, 11-21 Agustus 2016 lalu.

Ada tiga model mini tractor yang diproduksi Astra Otoparts. Masing-masing adalah Wintor X-Plorer Standard, Wintor X-Plorer Composter Hydraulic dan Wintor X-Hill.

Wintor X-Plorer didesain sebagai mini tractor untuk area infield, misalnya untuk mengangkut panenan kelapa sawit di area kebun.

Berbodi kompak dan mudah dioperasikan

Traktor ini dilengkapi fitur opsional berupa dumping bin otomatis (bak belakang yang bisa menurunkan muatan) dengan kemampuan jungkit hidrolis.

Varian Wintor X-Plorer Composter Hydraulic dirancang khusus untuk mengangkut tandan buah kosong di kebun kelapa sawit. Traktor ini dilengkapi dengan dua bak yang ditempatkan saling bersisian di bagian belakang.

Setiap bak memiliki daya angkut hingga 150 kg dan muatan dapat digulingkan (diturunkan) ke samping kiri dan kanan.

Model ini cocok dioperasikan untuk kegiatan pemupukan tanaman sawit di kebun, bersisian diantara deret dua pohon.

Varian berikutnya adalah Wintor X-Hill. Varian ini dirancang spesial karena ditujukan untuk aplikasi di medan terjal berbukit. Bagian belakang dilengkapi dengan bak yang mampu membawa muatan hingga 500 kg.

Cukup dengan satu orang operator, kendaraan ini bisa diajak bekerja menyusuri jalan sempit, terjal dan berbukit di area perkebunan dengan mudah.

Menurut keterangan RM Irvan Suryawan, Marketing dan Sales Section Head PT Velasto Indonesia, perusahaan yang memasarkan kendaraan ini, masing-masing model Wintor dibekali mesin diesel merk Kubota OC-95 Diesel berkapasitas 7 Kw (10 horse power) satu silinder.

Pada tipe Wintor X-Plorer Standard dilengkapi dengan starter elektrik. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 5 liter dengan fuel rate 3,5 sampai 4 liter per 8 jam pengoperasian.

Wheel drive-nya menggunakan differential rear drive dengan locking. Kecepatan maksimumnya saat dipacu mencapai 28 km per jam.

Keempat kaki-kakinya menggunakan ban tipe low pressure ground tire. Sistem kelistrikannya didukung baterai berkapasitas 12 Volts 32 Ah.

Untuk memberi keamanan maksimal, keempat roda dilengkapi dengan rem cakram dengan suspensi tipe Double A Arm di roda depan dan trailing arm di roda belakang.
Bobot kosong kendaraan ini 480kg dan untuk pengoperasian normal mampu memberikan produktivitas antara 15 sampai 20 ton.

Sementara, pada varian Wintor X-Hill, kaki-kakinya tidak menggunakan roda ban karet tapi under carriage steel, dengan rantai dari bahan baja. Ada juga yang dipasarkan dengan versi triangle crawler.

"Populasi Wintor ini sudah mencapai ribuan unit yang dioperasikan di berbagai area perkebunan kelapa sawit," ujar staf wiraniaga Wintor yang kami temui di lokasi pameran GIIAS 2016.

Untuk setiap paket pembelian Wintor, Astra Otoparts Tbk memberikan pendampingan dan pelatihan teknisi.