Toyota Tundra Tumpahkan Teknologi Tinggi Demi Kalahkan Para Pesaingnya

Toyota Tundra Tumpahkan Teknologi Tinggi Demi Kalahkan Para Pesaingnya
Target utama adalah mengalahkan penjualan pesaing domestik dari Big Three, Ford F-150, Chevrolet Silverado, GMC Sierra dan Dodge RAM 1500.
 

Pikap merupakan mobil favorit di Negeri Paman Sam. Berbagai pabrikan berlomba-lomba menjual pikapnya di sini. Termasuk Toyota yang fokus memasarkan Tundra dan Tacoma, menyusu kesuksesan Hilux.

Nah, upaya agar tetap unggul di sisi penjualan, tentunya menjadi tekad Toyota, salah satu cara, dengan menumpahkan teknologi tinggi di Tundra, agar jadi tercanggih di kelasnya. Tentu dengan harga yang lebih terjangkau.

Dilansir dari Carscoops, Juni lalu Toyota mengumumkan akan menggunakan mesin iForce MAX baru. ‘Generasi berikutnya dengan iForce, siap untuk menggerakkan Tundra yang serba baru’ begitu bunyinya, meski tak dijelaskan berapa output dari mesin tersebut.

Tetapi, kemungkinan akan berkonfigurasi V6, tak lagi V8. Hal ini didasari pernyataan eksekutif Toyota, yang mengatakan bahwa pikap mid-size yang baru itu akan memiliki tenaga lebih besar dari ‘sekadar’  daya 381 hp dan torsi 544 Nm (output mesin V8, 5.700 cc saat ini). Muncul spekulasi, mesinnya serupa dengan Land Cruiser baru, dengan V6 twin turbo, 3.500 cc, memiliki daya 409 hp dan torsi 650 Nm. Tetapi, jangan menampik bakal adanya versi hybrid, mengingat indikasi Toyota akan melakukan elektrifikasi di seluruh produknya.

Sektor sumber tenaga, bukan satu-satunya pembaruan. Suspensi pun mengalami ubahan, dengan per keong di suspensi belakang. Kenyamanan dan pengendalian lebih baik di jalan raya, plus mumpuni di medan off-road atau saat mengangkut beban berat.

Malah, pada trim TRD Pro, menggunakan Fox Shocks, yang menjamin sensasi mengasyikan saat ngebut di trek off-road.

Kemewahan juga dikedepankan, Moonroof besar, interior bermotif sporty, juga headunit berlayar besar, setir sporty dan jok semi-bucket.

Fitur cukup diunggulkan, sistem transfercase dengan memutar kenop. Dilengkapi Drive Mode, bisa diatur sesuai kondisi jalan, seperti Crawl dan DAC (downhill assist control) serta Tow/Haul, yang digunakan saat menarik trailer.

Cukup menarik, bukan? Sayangnya belum ada haga resminya, tetapi beberapa dealer sempat memprediksi akan sedikit di atas banderol saat ini. Sekarang pasarannya 34.025 dollar AS (tipe SR) dan 49.125 dollar AS (tipe TRD Pro), atau setara Rp 490,8 juta dan  Rp 708,4 juta.

Sementara pesaingnya, saat ini seperti Ford F-150, (36.650 dollar AS), Chevrolet Silverado (33.200 dollar AS), GMC Sierra (54.700 dollar AS) dan Dodge RAM 1500 (56.600 dollar AS).