Ada Yang Unik Di Bus Baru PO Borlindo, Apa Itu?

Ada Yang Unik Di Bus Baru PO Borlindo, Apa Itu?
Bus tersebut dibangun di karoseri Tentrem, Malang dengan bodi Avante H9. Menariknya, ada sederet keunikan dari bodi bus ini. Apa saja?
 

Belum lama ini PO Borlindo asal Sulawesi Selatan merilis bus baru mereka. Bus tersebut dibangun di karoseri Tentrem, Malang dengan bodi Avante H9. Menariknya, ada sederet keunikan dari bodi bus ini. Apa saja?

Pertama dari eksteriornya. Bisa dilihat ada tameng pada bagian kaca depannya. Tapi bukan menutup penuh seperti pada bus Sumatra. Karena hanya terdapat pada bagian atas kaca depan. Tujuannya untuk menghindari kontak dengan ranting pohon.

Lalu sisi bodinya, bus ini terlihat tinggi. Karena memakai bodi Avante H9 yang punya spek Super High Deck. Terdengar biasa, jika dipakai di sasis premium atau tronton.

Tapi bus ini sebenarnya dibangun dari sasis Mercedes-Benz OH 1526. Untuk kebutuhan bodi jangkung inilah bagian suspensi daun standarnya dirombak memakai suspensi udara dari karoseri Tentrem.

Bukan hanya itu, model OH 1526 yang sejatinya bersasis ladder frame juga diubah menjadi space frame. Hasilnya, ruang bagasi makin luas, bahkan mampu menampung sepeda motor.

Masuk ke dalam, seperti biasa bus Sulawesi tak menambah toilet pada kabinnya. Namun yang unik, pilar kaca pada bodi Avante H9 ternyata dibuat lebih banyak dari standarnya.

Hal ini membuat ukuran potongan kaca samping lebih kecil. Sehingga biaya pergantian lebih terjangkau jika pecah.