Bus Listrik Scania, Baterainya Cukup Dicas Empat Menit

Bus Listrik Scania, Baterainya Cukup Dicas Empat Menit
Keunggulan yang ditawarkan Citywide e-bus adalah sumber penggeraknya yang 100 persen listrik. Bus ini hanya butuh dicas selama empat menit di stasiun-stasiun akhir perjalanan yang berjarak 12 km.
 

Kota-kota di Eropa telah menerapkan transportasi massal ramah lingkungan dengan bus listrik. Tak ketinggalan kota Baden-Wettingen di Swiss juga mulai menggunakan bus listrik untuk transportasi dalam kota mereka di bulan Agustus ini.

Dari rilis di situs resmi Scania, bus yang digunakan oleh Baden-Wettingen Regional Transport Authority (RVBW) adalah Scania Citywide e-bus. Setiap hari, armada tersebut beroperasi selama 15 jam.

Keunggulan yang ditawarkan Citywide e-bus adalah sumber penggeraknya yang 100 persen listrik. Sehingga selain tak menimbulkan polusi udara, juga tidak menghasilkan suara bising layaknya bus bermesin diesel.

Untuk pengisian dayanya, bus ini hanya butuh dicas selama empat menit di stasiun-stasiun akhir perjalanan yang berjarak 12 km. Sistem pengecasannya menggunakan teknologi pantograf di bagian atap bus.

"Bus ini berjalan tanpa emisi dan sangat senyap. Sehingga menawarkan kenyamanan berkendara dan berpengaruh pada lingkungan," kata Direktur RVBW, Stefan Kalt.