Bus Non-AC Masih Eksis! Ini Garapan Terbaru Karoseri Tentrem

Bus Non-AC Masih Eksis! Ini Garapan Terbaru Karoseri Tentrem
Dari sisi eksterior, bodi bus berbeda dari kelas Ecolux dari PO Bintang Utara. Pasalnya, meski sama-sama non-AC dan digarap Tentrem, tapi bodi yang dipakai bukan Avante Series.
 

Saat ini bus-bus antarkota kerap mengandalkan fitur pendingin udara atau AC sebagai penambah kenyamanan kabin. Namun tidak serta merta membuat bus non-AC punah. Bahkan banyak juga bus baru yang tidak memakai AC.

Seperti bus milik PO Harapan Baru ini yang digarap oleh karoseri Tentrem, Malang. Bisa dilihat, bus ini tidak dilengkapi AC dengan ciri jendela sliding di kedua sisi bus. Tujuannya tentu agar angin bisa masuk ke kabin bus dan udara di dalam tak pengap dan panas.

Dari sisi eksterior, bodi bus berbeda dari kelas Ecolux dari PO Bintang Utara. Pasalnya, meski sama-sama non-AC dan digarap Tentrem, tapi bodi yang dipakai bukan Avante Series. Melainkan bodi big bus lain berjuluk Max HDD.

Sasis yang dipakai pun bertipe front engine, alias mesin depan yakni Hino AK. Bukan sasis premium model tronton, Mercedes-Benz OC500RF 2542 seperti kepunyaan Bintang Utara.

Di bagian dalam pun, kesan sederhana terlihat dengan penggunaan jok 2-3 non-reclining seat khas kelas ekonomi. Selain itu, jok berbahan oscar licin juga jadi andalan. Rencananya, bus ini akan mengisi layanan antarkota dalam provinsi di Jawa Timur, tepatnya jalur Trenggalek-Banyuwangi.