Deretan Rumah Makan Ini Ternyata Milik PO Bus, Mau Mampir?

Deretan Rumah Makan Ini Ternyata Milik PO Bus, Mau Mampir?
Tentu PO pemilik rumah makan memiliki jumlah armada yang tak sedikit. Lalu, bus apa saja yang memiliki rumah makan mandiri? Yuk, simak.
 

Dalam kondisi normal, jumlah bus antarkota yang wara-wiri di jalanan mencapai ratusan, bahkan ribuan unit. Angka yang tak sedikit ini membuat pangsa pasar rumah makan sebagai titik peristirahatan kru dan penumpang bus AKAP besar.

Hal ini disadari beberapa perusahaan otobus (PO) yang juga membuka rumah makan untuk armada mereka. Tentu PO pemilik rumah makan memiliki jumlah armada yang tak sedikit. Lalu, bus apa saja yang memiliki rumah makan mandiri? Yuk, simak.

RM Kendil Mas

PO Agra Mas
PO Agra Mas yang memiliki RM Kendil Mas di Jalan Utama Gringsing, RT.02/RW.03, Kabupaten Batang-Jawa Tengah. Rumah makan yang berlokasi di jalur pantai utara ini melayani servis makan penumpang bus Agra Mas dari arah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menuju ke Jakarta.

Bagi penumpang Agra Mas, fasilitas makan tersebut dapat dinikmati secara gratis. Pilihannya nasi dan lauk prasmanan, atau nasi soto. Fasilitas yang disediakan antara lain mushola dan toilet, serta kios oleh-oleh khas Jawa Tengah yang bisa dibeli oleh penumpang bus.

PO Haryanto
Rumah makan yang dimiliki PO Haryanto berjuluk Menara Kudus. Ini sesuai dengan logo perusahaan asal Kudus tersebut. Ada dua lokasi dari rumah makan ini. Yakni di Jl. Raya Kalipasung No.1 Cirebon dan Jl. Utama Gringsing, Jawa Tengah.

Rumah makan di Cirebon melayani servis makan bus dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara bus dari lintas sebaliknya dilayani oleh rumah makan di Gringsing.

Untuk fasilitasnya, RM Menara Kudus memiliki toilet dan masjid yang cukup besar. Di kedua RM Menara Kudus tersebut, Anda juga dapat melihat beberapa bus lawas PO Haryanto yang terparkir di bagian belakang.

Untuk menunya terdapat sayur dan lauk prasmanan dengan tambahan teh hangat. Menu tersebut gratis bagi penguna bus Haryanto.

PO Rosalia Indah
Sebelumnya PO Rosalia Indah sudah lebih dulu membuka rumah makan di kawasan Indramayu, Jawa Barat. Namun sejak hadirnya tol Cipali, lokasi RM dipindahkan ke Jl. Otto Iskandardinata, Subang agar lebih dekat dari pintu tol.

Dengan bangunannya yang baru dan mewah, bisa disebut RM Rosalia Indah (Rosin) sebagai rumah makan bus termewah di lintas Jawa. Hal ini terlihat dari desain bangunan, ruang makan dan kebersihan interiornya.

RM Rosalia Indah tak kalah dengan restoran sekali pun. Meski ditujukan bagi pengguna bus Rosalia Indah, namun bagi Anda yang membutuhkan rest area untuk bersantap sekaligus beristirahat, lokasi ini cukup direkomendasikan.

Selain terdapat toilet dan mushola, ada pula ruang shower dan kamar mandi. Serta playground bagi anak-anak agar tak jenuh saat bepergian.

Soal menu, untuk fasilitas gratis pada penumpang bus Rosalia Indah, terdapat pilihan prasmanan berupa nasi, sayur dan lauk. Tetapi jika Anda menginginkan menu lainnya, pihak RM juga menyediakan. Seperti jus hingga camilan dan oleh-oleh.

PO Sinar Jaya
Jika Anda bepergian dengan PO Sinar Jaya, memang tidak semua kelas menyediakan fasilitas makan gratis. Tetapi perusahaan yang juga menaungi PO DMI tersebut memiliki rumah makan bernama Panorama.

RM Panorama berlokasi di Jalan Margasari Bumiayu, Tegal-Jawa Tengah. Karena tidak menyediakan makan gratis, RM Panorama memampangkan pilihan paket makanan berikut harganya yang bisa dipilih penumpang bus Sinar Jaya atau DMI.

Secara fasilitas, RM Panorama terbilang komplet. Mulai dari toilet dan mushola ada di sini. Desain ruang makannya pun minimalis dan kekinian. Sehingga tak terkesan kumuh. Bagi penumpang yang hanya ingin camilan, ngopi atau membeli oleh-oleh, terdapat juga kedai di bagian dalamnya.