Ini Arti Kode Sasis Bus Hino, Volvo, Golden Dragon, dan Scania

Ini Arti Kode Sasis Bus Hino, Volvo, Golden Dragon, dan Scania
Spesifikasi demi muluskan performa bisnis pemilik bus
 

Sedikit berbeda dalam memilih mobil pribadi, memilih kendaraan komersial jamaknya lebih melihat soal spesifikasi teknis. Karena hal itu akan membantu calon pembeli dalam merencanakan rencana usahanya.

Dimensi, daya angkut, kapasitas mesin, sampai ketersediaan suku cadang akan jadi hal-hal yang sangat diperhatikan oleh calon pembeli kendaraan komersial. Tentu saja termasuk calon pembeli sasis bus.

Jika sasis bus Mercedes-Benz dikenal dengan kode-kode seperti OH 1626 ataupun OC 500 RF 2542 maka pabrikan lain seperti Volvo, Scania, maupun Hino juga punya kode tersendiri untuk menengarai produk buatan mereka.

Volvo B11R lebih bisa ‘dibaca’ sebagai penegasan tentang kapasitas dapur pacunya yang sebesar 11.000 cc dengan 6 silinder ditambah turbocharger. Diklaim bisa hasilkan ptensi daya puncak sampai 430 daya kuda.

Sementara itu, rekan senegaranya, seri sasis Scania K410IB yang juga populer ini lebih menegaskan soal potensi besaran daya maksimal sebesar 410 daya kuda dari mesin 6 silinder berkapasitas 13.000 cc. Baik Volvo maupun Scania  menggunakan sasis model space frame.  

Sementara itu nama besar lain seperti MAN (Maschinenfabrik Augsburg-Nurenberg) yang berasal dari Jerman memang punya gaya yang lain lagi dalam penyematan seri sasisnya. Seri MAN R37 tidak bisa secara gamblang diketahui spesifikasi teknis maupun performanya kecuali mencari tahu secara khusus.

MAN R37 dibekali mesin seri D2676 Common-rail dan berkapasitas 12.419 cc. Mesin dari pabrikan yang termasuk kerajaan otomotif Volkswagen AG diklaim bisa hasilkan potensi daya puncak sebesar 460 daya kuda.

Pabrikan dari Tiongkok yang masih eksis di arena transportasi bus adalah Golden Dragon. Produk jagoannya diberi seri XML6127D53, dikenal punya kenayaman setara bus buatan Erooa namun dengan label harga di bawah bus merek Jepang.

Mesinnya berlabel Yuchai YC6L 330-30 dengan kapasitas 8.424 cc. Dapur daya yang dilengkapi turbocharger plus intercooler itu diklaim bisa keluarkan daya maksimal sampai 230 PS.

Kampiun kendaraan niaga dari Jepang seperti Hino termasuk gamblang menjelaskan spesifikasinya pada penamaan seri sasinya. Seperti produk terbarunya Hino RN 285. Dapur pacunya berkode J08E-VT (7.684 cc), ada 6 silinder in-line direct injection ditambah turbocharged aspirated sehingga diyakini mampu hasilkan tenaga puncak sampai 285 PS.