Jalan-jalan di Kanada Siap Diinvasi Ribuan Bus Listrik Nova Bus

Jalan-jalan di Kanada Siap Diinvasi Ribuan Bus Listrik Nova Bus
1.229 unit Nova Bus dipesan pemerintah provinsi Quebec di Kanada
 

Pemerintah provinsi Quebec di Kanada mengumumkan pembelian 1.229 bus listrik sebagai bagian dari proyek akuisisi bus listrik terbesar di Amerika Utara.

Kesepakatan senilai $1,8 Miliar ini akan dibayar oleh pemerintah Quebec senilai $1,1 miliar, sementara pemerintah Kanada menyumbang tambahan $780 juta. 

Adapun pemenang proyek tersebut ialah Nova Bus, manufaktur bus asal Kanada, yang kepemilikannya masih di bawah Volvo group. 

Nova Bus sukses mendapatkan kontrak untuk membangun bus-bus listrik secara masif setelah menang tender pada April 2022 lalu. 

Sebagai bagian dari kesepakatan, 25% konten yang digunakan dalam bus harus bersumber dari Kanada hingga ke perakitan akhir juga harus dilakukan di Kanada.

Spesifikasi bus listrik Nova Bus memang terbilang mumpuni. Masing-masing bus memiliki jangkauan sekitar 300 km dan digunakan oleh agen transit di Montreal, Laval, Outaouais, Sherbrooke, Longueuil, Trois-Rivières, Lévis, Quebec City, Exo, dan Saguenay. 

Produksi struktur bus akan dilakukan di markas utama Nova Bus di St-François-du-Lac. Sementara untuk perakitan diboyong ke pabrik Nova Bus di St-Eustache. 

Kementerian Transportasi Provinsi Geneviève Guilbault mengatakan bus (listrik) ini akan berkontribusi pada pengurangan 930.000 ton gas rumah kaca selama 16 tahun masa pakainya.

undefined

“Dengan berinvestasi untuk membantu operator transit Quebec membeli bus listrik, kami terus memerangi perubahan iklim dan mendorong pengusaha Quebec berpartisipasi dalam pengembangan ekonomi hijau di masa depan,” kata Pablo Rodriguez, Minister of Canadian Heritage seperti dikutip dari www.carscoops.com. 

Line up Nova Bus saat ini terdiri dari 5 tipe. Mulai Nova Bus LFS Diesel, Nova Bus LFS Artic, Nova Bus LFS HEV, Nova Bus LFS CNG, Nova Bus LFSe, dan Nova Bus LFSe+  

Untuk model terakhir yakni Nova BUs LFSe+ menawarkan kemudahan dengan opsi dual charging yakni pengisian baterai overhead dan plug-in. 

Nova BUs LFSe+ ditenagai oleh paket baterai modular yang dapat dikonfigurasi hingga kapasitas 564 kWh.

Dimensi bus listrik ini memiliki panjang 12,19 meter, lebar 2,59 meter dan tinggi 3,30 meter. Adapun konfigurasi bangku di kabin bus ini bisa diset hingga 41 seat.

“Nova Bus sangat bangga menjadi mitra jangka panjang ATUQ dan anggotanya: kami telah mengirimkan lebih dari 6.000 bus di Québec sejak 1997,” teramg Ralph Acs, Presiden Nova Bus. 

“Kami merasa terhormat untuk melanjutkan kolaborasi ini dengan mendukung otoritas angkutan umum Quebec dalam transisi mereka ke elektromobilitas dan untuk menjadi bagian dari babak baru ini kami menulis bersama untuk berkontribusi secara kolektif dalam perang melawan perubahan iklim,” tutup Ralph.