Kabin Bus Nyaman Ala Toyota

Kabin Bus Nyaman Ala Toyota
Bisa diadaptasi di Indonesia
 

Japan Mobility Show 2023 (JMS) nyata tidak hanya akan menampilkan barisan kendaraan termutakhir maupun konsep. Begitu banyak teknologi, termasuk konsep teknologi, otomotif tepat guna yang ditampilkan.

Kali ini ada Toyota Boshoku, bagian dari Toyota Motor Corporation, yang spesialis komponen kabin maupun interior. Dimana saat JMS menampilkan sejumlah kreasi kabin dan interior mereka dengan tema dasar soal vision of future mobility life, near-future mobility spaces, dan electrification-compatible products.

Sebagai informasi, perusahaan ini juga punya cabang kegiatan di Indonesia sebagai bagian pendukung produksi kendaraan Toyota maupun Daihatsu.

Ada beberapa desain unggulan yang dihadirkan, pertama, MX221 sebagai satu konsep interior untuk kendaraan ride-sharing yang tanpa pengemudi. Semua detail kabin maupun interior bbisa dibongkar pasang secara mudah untuk menyesuaikan kebutuhan layout kabin diberbagai kesempatan.  

Salah satu desain yang unk adalah MX221, sebuah konsep bangku penumpang dan kompartemen kecil yang bisa memancing penumpang untuk melakukan tidur sejenak selama di perjalanan. Dalam satu kompartemen yang sama akan tersedia sistem tata suara spesial maupun paket peranti untuk tetap segar di jalan.

Penumpang akan 'dipaksa' untuk tidur di perjlananan dengan kursi MX221

Pabrikan interior ini juga menampilkan produk yang bernama VODY2.0' untuk pertama kalinya. Ini merupakan satu kursi penumpang yang bisa menyesuaikan bentuknya terhadap postur tubuh, berat badan, sampai  pergerakan tubuh selama mendudukinya.

Selain itu, ada juga kursi penumpang yang dinamakan "Thermal Comfort Sheet.'' Bisa mengontrol suhu tubuh secara real time dan konsisten selama penumpang tersebut berada di kursi tersebut.

Jok akan bisa menyamakan suhunya dengan suhu tubuh penumpang

Ditampilkan juga MOOX-RIDE yang spesial untuk bus, terdapat opsi untuk merubah komposisi penumpang termasuk posisinya selama bus berjalan. Kursi penumpang akan bergerak secara otmatis menyesuaikan jumlah penumpang dan kebutuhan selama dalam perjalanan.

Baca juga: Setiap PO Butuh Spesifikasi Bus Yang Berbeda

Baca juga: Fuso MR430: Pelopor Bus Tronton Mitsubishi

MOOX-RIDE, formasi jok bisa dirubah secara otomatis