Karoseri Tentrem Siap Pamerkan Bus Mewah Double Decker Pertama Buatannya di GIIAS 2019

Di pameran ini Tentrem akan memamerkan secara perdana alias premier bus double decker pertama buatannya.
 

Pameran akbar otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan segera berlangsung pekan ini mulai 18-28 Juli 2019 di ICE BSD City, Tangerang Selatan. Ada tiga industri karoseri bus yang akan tampil berpameran di ajang ini. Satu diantaranya adalah Karoseri Tentrem, asal Kota Malang, Jawa Timur.

Di pameran ini Tentrem akan memamerkan secara perdana alias premier bus double decker pertama buatannya. Seperti diketahui selama ini Karoseri Tentrem belum pernah memproduksi bus super double decker (SDD) pesanan klien-kliennya dari kalangan perusahaan transportasi bus di Indonesia.

Nah, nanti akan ada 1 unit bus SDD buatan Tentrem yang akan dipamerkan. Bus ini menurut kabar merupakan pesanan salah satu perusahaan otobus (PO) yang memiliki layanan transportasi bus malam antarkota antarpovinsi (AKAP). Total ada 2 sampai 3 unit yang dipesan. Satu unit akan dipamerkan di GIIAS 2019.

Bus yang dipamerkan ini berkelir putih dan tampil gagah dengan konsep desain yang sederhana ala bus-bus Eropa. Di kaca samping tersemat tulisan 'The Dynamic Technology'. Di media sosial, foto-foto bus SDD karoseri Tentrem ini sudah banyak beredar dan menjadi perbincangan ramai netizen terutama para pecinta dan pemerhati dunia transportasi.

Jika diamati, bus ini menggunakan basis model Avante, desain bus berlantai tinggi buatan Tentrem yang sebelumnya sudah lebih dulu rilis ke pasar. Ini ditandai dengan aksen pilar B-nya yang khas Avante serta kaca depan double glass dengan pilar horisontal di bagian tengah. 

Tentu saja, di Avante terbaru versi SDD ini, sudah dilakukan berbagai penyegaran oleh Karoseri Tentrem. Misalnya pada headlamp yang kini menggunakan headlamp menyudut yang menampilkan aksen lebih dinamis dan tajam. Kaca depan bagian atas tidak lagi landai, tapi tampil lebih tegak di New Avante versi SDD ini, membuatnya terlihat lebih gagah dan garang. Sepasang spion tanduk juga disematkan pada kedua sisi kaca depan. 

Bus New Avante SDD ini menggunakan platform bus bersasis modular buatan salah satu pabrikan bus Eropa dengan konfigurasi 6x2 dengan total panjang bodi 13,5 meter atau 1,5 meter lebih panjang dari rata-rata bus standar.

Yang menarik, informasi yang kami terima, kabin bus ini juga dilengkapi dengan sleeper alias tempat tidur untuk penumpang. Siap menjanjikan pengalaman perjalanan yang penuh kesan.