Keuntungan Bus Dari Karoseri Tentrem Yang Menggunakan Kamera Pengganti Cermin Spion

Keuntungan Bus Dari Karoseri Tentrem Yang Menggunakan Kamera Pengganti Cermin Spion
Karoseri Tentrem, bersama PO Harapan Jaya meluncurkan bus Avante D1. Bus ini merupakan yang pertama Ultra High Deck (UHD) dari karoseri asal Malang tersebut
 

Spion, merupakan perangkat cukup penting pada kendaran, termasuk bus, agar pengemudi menggunakannya untuk melihat kondisi di sisi kiri dan kanan bus. Seiring perkembangan teknologi, spion pada truk dan bus semakin canggih dan kabar baiknya, teknologi tersebut sudah ada di indonesia.

Karoseri Tentrem, mengaplikasikan spion canggih tersebut pada bus dari PO Harapan Jaya, yang berbasis Scania K610 B. Bus tersebut juga menjadi UHD yang pertama dibuat oleh karoseri asal Malang tersebut, sehingga memiliki kapasitas bagasi yang luas, tanpa mengurangi dimensi kabin penumpang.

Berbicara kembali pada spion. Penggunaan kamera sebagai pengganti cermin spion, tentunya lebih menguntungkan, karena tampilan bisa dilihat dari layar monitor yang terpasang pada pilar A pada bus.

Pengemudi tak perlu beradaptasi terlalu lama untuk memantau monitor ini, karena penempatannya tak jauh berbeda dibandingkan spion konvensional, hanya saja kali ini ada di dalam.

 

Layar monitor di dalam kabin, tentunya memberikan keuntungan bahwa tampilannya tak terpengaruh oleh kondisi cuaca. Hanya saja tentunya kamera di luar harus terjaga agar tetap bersih.

Hal lain dari sudut yang diterima oleh kamera, lebih luas ketimbang sekadar pantulan cermin, sehingga pengemudi dapat melihat kondisi yang lebih baik di sisi bus.

Satu lagi, berbeda dengan spion konvensional yang mirip tanduk, membuat bus lebih mudah bermanuver di area sempit, karena tak ada benda menjulur dari badan bus.

Sungguh mengasyikkan, bukan?