PO Borlindo Hadirkan Bus Volvo B11R Berbodi Evolander Unik

PO Borlindo Hadirkan Bus Volvo B11R Berbodi Evolander Unik
Kehadiran bus ini jadi pembicaraan penggemar bus di Indonesia. Pasalnya ada beberapa hal unik yang berbeda dari Evolander standarnya.
 

Perusahaan otobus asal Makassar, Sulawesi Selatan bersiap menghadirkan bus terbaru mereka untuk rute antarkota. Bus tersebut bersasis tronton Volvo B11R dan dirilis pada Rabu (25/11).

Kehadiran bus ini jadi pembicaraan penggemar bus di Indonesia. Pasalnya ada beberapa hal unik yang berbeda dari bodi Evolander garapan karoseri New Armada, Magelang, sebelumnya.

Paling kentara terlihat pada bagian bodinya. Pintu bagasi samping bus Borlindo tersebut tampak besar dengan bukaan yang tinggi. Sepintas mirip bagasi Jetbus 3+ Ultra High Deck dari karoseri Adi Putro.

Padahal, secara tinggi bus ini masih berkategori Super High Deck yakni sekitar 3,85-3,9 meter. Hanya saja bagian lantai dek penumpang dibuat lebih tinggi agar ruang bagasi makin luas.

Selain itu, secara tampilan juga jadi berbeda karena kaca penumpang di kedua sisi bus tersebut didesain lebih kecil dari varian Evolander regulernya. Bodi bus dilabur warna putih dengan desain livery berkelir biru-merah khas Borlindo.

Detail lainnya adalah pintu penumpang di bagian tengah, yang tak dilengkapi toilet. Maklum, penumpang bus di Sulawesi dikenal tidak menyukai adanya toilet di kabin bus. Rencananya bus ini akan bertugas sebagai armada antarkota antarprovinsi dengan trayek Makassar-Palopo-Toraja.