Scania Dan Iveco Kolaborasi Hadirkan Bus Berbahan Bakar Biogas

Scania Dan Iveco Kolaborasi Hadirkan Bus Berbahan Bakar Biogas
Keduanya berkolaborasi menghadirkan bus jarak jauh pertama yang menggunakan biogas untuk perusahaan Flixbus.
 

Salah satu kekurangan bus listrik yang ada saat ini adalah daya jelajahnya yang belum cocok untuk perjalanan jauh. Namun kebutuhan akan bus ramah lingkungan dan mampu berjalan jauh bisa diatasi oleh jenis biogas.

Hal inilah yang dikembangkan oleh dua produsen bus asal Eropa, yakni Scania dan Iveco. Keduanya berkolaborasi menghadirkan bus jarak jauh pertama yang menggunakan biogas untuk perusahaan Flixbus.

Dengan sokongan pemasok gas Gasum, Flixbus akan mengoperasikan rute Stockholm-Oslo dan Amsterdam-Brussels. Dilansir Sustainable-Bus, bus bertenaga gas diharapkan dapat mengurangi dampak iklim dan berkontribusi pada transportasi bebas fosil antara kota-kota Nordik.

Bukan tanpa alasan biogas terpilih menjadi penyokong tranportasi bus jarak jauh. Karena menurut angka Scania, 17 persen dari jaringan gas Eropa adalah biogas, dan terus meningkat pesat, secara aktif berkontribusi pada pengurangan emisi CO2.

“Sebagai bus jarak jauh pertama yang ditenagai oleh biogas, ini mungkin merupakan solusi paling berkelanjutan saat ini,” kata Johan Ekberg, Kepala Unit Konsumen Scania.

Menurutnya manfaat biogas cair terbilang banyak. Seperti bebas fosil, terbarukan, diproduksi secara lokal dan mengurangi emisi.

Dengan beralih ke biogas cair yang diproduksi secara lokal sebagai bahan bakar di truk atau bus jarak jauh, operator mengurangi dampak iklim mereka sendiri dan pelanggan mereka hingga lebih dari 90 persen.

“Biogas bukan hanya bahan bakar dengan emisi CO2 terendah – juga memecahkan masalah limbah lokal, menciptakan lapangan kerja lokal dan membawa karbon dan nutrisi kembali ke tanah,” kata Jonas Strömberg, Director Sustainable Scania.

Bus bertenaga gas kedua yang dijalankan oleh Flixbus telah ditugaskan ke Iveco dan merupakan model Crossway Natural Gas. Ini akan beroperasi antara Amsterdam dan Brussels.

Model yang dipilih oleh operator FlixBus memiliki panjang 13 meter. Dengan total kapasitas 1.260 liter (empat tangki 315 liter), kendaraan ini memiliki jangkauan minimal 600 km dalam misi jarak jauh. Ini dilengkapi dengan mesin Cursor 9 CNG generasi terbaru yang menghasilkan 360 dk.

"Dengan gas alam, tingkat emisi partikel halus berkurang hampir nol, dan emisi nitrogen oksida berkurang lebih dari sepertiga. Tingkat kebisingan juga berkurang setengahnya, menawarkan keheningan pengoperasian yang luar biasa bagi pengemudi dan penumpang," urai Stéphane Espinasse, Head of the Iveco Bus Brand.