Bukan Mobil Jepang! Produksi Mini 4WD Pertama Tamiya Justru Pikap Amerika Ini

Bukan Mobil Jepang! Produksi Mini 4WD Pertama Tamiya Justru Pikap Amerika Ini
Menariknya, alih-alih mobil Jepang, model Mini 4WD yang pertama diproduksi adalah dua pikap asal Amerika. Keduanya adalah Ford Ranger 4x4 Pickup model 1982, serta Chevrolet Pickup 4x4.
 

Bagi anak-anak 90-an, nama Tamiya identik dengan mainan mobil balap Mini 4WD. Beragam varian hadir dengan desain yang rata-rata futuristik. Namun produk pertamanya yang dirilis 1982 justru berjenis pikap.

Yup, pada 13 Juli 2021 ini, Tamiya merayakan ulang tahun produk Mini 4WD mereka yang ke-39 tahun. Untuk itu, perusahaan mainan asal Jepang itu mengajak nostalgia penggemarnya dengan menampilkan produk Mini 4WD yang pertama mereka produksi.

Menariknya, alih-alih mobil Jepang, model Mini 4WD yang pertama diproduksi adalah dua pikap asal Amerika. Keduanya adalah Ford Ranger 4x4 Pickup model 1982, serta Chevrolet Pickup 4x4 (C/K lampu kotak) dengan model tahun yang sama.

Jangan bayangkan mobil-mobil tersebut mirip dengan keluarga Mini 4WD balap saat ini. Bahkan dibandingkan dengan Dash Series atau Magnum Sonic Series, kedua mobil tersebut masih jauh berbeda.

Karena keduanya memiliki dimensi 1:32 dan desain yang lebih mirip die cast ketimbang Mini 4WD balap. Mulai dari ban yang tinggi dan sasis yang terlindungi bodi.

Secara desain pun mirip, di mana bodi serbakotak keduanya hadir dengan panel krom pada bumper dan grillnya. Sementara perbedaan signifikan terlihat dari warna dan livery bodinya. Di mana Ford Ranger memiliki warna hitam dengan grafis kuning-merah. Sedangkan Chevrolet Pickup punya warna merah bergrafis kuning.

Untuk versi aslinya, saat itu Ford Ranger 4x4 Pickup dibekali beberapa jenis mesin. Mulai 2.000 cc SOHC bertenaga 73 dk. Hingga V6, OHV, 2.800 cc berdaya 115 dk.

Begitupun Chevrolet Pickup 4x4 yang juga punya beberapa pilihan mesin. Semisal Detroit diesel V8, 6.200 cc berdaya 135 dk. Atau Chevrolet 6-silinder segaris, 4.100 cc berdaya 130 dk.

Sayangnya model-model ini sudah tidak diproduksi lagi. Tamiya Mini4WD saat ini fokus pada model futuristik ala balap. Sedangkan varian pickup diubah dengan ban besar ala monster truck.