Ford Icon Reformer F100, Pick Up Kolaborasi Masa Lalu Dan Kekinian

 Ford Icon Reformer F100, Pick Up Kolaborasi Masa Lalu Dan Kekinian
Icon tak hanya melakukan restorasi total, namun juga memberikan suntikan kekinian untuk dongkrak performa pikap ini
 

Masa lalu merupakan bayangan bagi masa kini dan untuk sebagian orang, masa lalu dianggap sebagai sesuatu yang layak untuk dikenang dan hingga sekarang tetap bisa dinikmati.

Mungkin ini yang menjadi semangat bagi Icon dalam menyuguhkan konsep restorasi pada Reformer Ford F100 1970. Restorasi yang diikuti dengan beberapa customized untuk menyesuaikan kondisi dan permintaan yang ada.

Nama Reformer sendiri sudah digunakan oleh Icon sejak beberapa tahun silam, khususnya ditujukan untuk melabeli hasil restorasi plus-plus, yang artinya tak sekadar restorasi namun sekaligus melakukan upgrade terlebih pada performa dan kenyamanan.

Dari segi fisik, identitas F100 masih cukup nyata terlihat baik dari penampilan pikap tipe short bed ini. Detail gril, lampu, lis, kaca spion dan warna two tone masih mengikuti pakem saat pikap ini pertama kali dijajakan setengah abad lalu.  

Namun demikian Icon memberikan upgrade pada suspensi sekaligus menjadikannya jadi lebih jangkung dan gagah. Komposisi suspensi dengan sokbreker Fox Racing dan per Eibach diklaim mampu menyuguhkan pengendaraan yang lebih mantap dan tajam. Setidaknya mengoreksi pengendaraan bawaan pikap ini yang cenderung longgar, khas mobil-mobil Amerika era 70-an.

Nuansa klasik ini pun nampak pada bagian interior yang  masih mempertahankan komposisi klasik dengan tombol-tombol dan ornament dasbor bernuansa krom. Desain klasik jok model bangku memanjang tetap dipertahankan, namun dibri sedikit sentuhan modern dengan penggunaan material pembungkus jok dari bahan fabrik masa kini.

Icon tak lagi menggunakan mesin V8 Windsor 351 bawaan kendaraan, sebagai gantinya mesin Ford Coyote V8 5.000 cc dengan teknologi lima dekade lebih modern. Tenaga sebesar 426 hp disalurkan melalui transmisi matik dan tranfercase 2 speed part time pada roda belakang atau penggerak 4 roda sebagai pilihan. Mesin ini cukup sohor bukan hanya lantaran digunakan oleh Mustang GT, namun tenar karena mudah dioprek untuk mendongkrak performanya.

 

Untuk mengatasi tenaga sebesar itu pun, rumah modifikasi dan restorasi asal Los Angeles California AS ini mengandalkan rem cakram Brembo dengan enam piston di depan dan empat  piston pada kaliper belakang. Sedangkan untuk master rem dipilih dari Willwood untuk dikompromikan dengan sistem lainnya.

Ada yang minat?