KIA Hadirkan Pikap Militer Sangar, Humvee Ala Korea

KIA Hadirkan Pikap Militer Sangar, Humvee Ala Korea
Julukannya Light Tactical Cargo Truck dan masih berupa kendaraan konsep. Sehingga selain belum dijual umum juga belum berdinas di militer mana pun.
 

Di Indonesia, KIA sempat menyuplai kendaraan militer jenis jip. Namun di ajang International Defense Exhibition & Conference (IDEX) 2021 di Uni Emirat Arab pekan ini, pabrikan mobil asal Korea Selatan itu menghadirkan pikap taktis sekelas Humvee.

Julukannya Light Tactical Cargo Truck dan masih berupa kendaraan konsep. Sehingga selain belum dijual umum juga belum berdinas di militer mana pun.

“Partisipasi kami di IDEX 2021 adalah kesempatan untuk mempromosikan perkembangan terbaru KIA dalam desain kendaraan pertahanan masa depan. Kedua konsep yang dipamerkan telah dikembangkan agar sangat fleksibel dan tahan lama, "kata Ik-tae Kim, Wakil Presiden Divisi Kendaraan Khusus KIA.

Pada konsep Light Tactical Cargo Truck ini KIA mengutamakan fungsi sebagai angkutan serba guna. Di mana menampilkan sebuah kendaraan untuk mengangkut pasukan dan juga senjata.

Dirancang bekerja sama dengan Defense Acquisition Program Administration, Light Tactical Cargo Truck menawarkan dua versi sasis. Yakni modular standar dengan jarak sumbu roda panjang, serta versi lapis baja antipeluru.

Saat beroperasi di medan perang, Light Tactical Cargo Truck versi lapis baja sasis pendek bisa melakukan bermacam tugas. Mulai dari komando dan pengintaian taktis, kendaraan bersenjata, pengamatan target dan dukungan multi fungsi.

Sedangkan model jarak sumbu roda panjang tanpa lapis baja memiliki struktur sasis yang dapat disesuaikan untuk boks kargo, bengkel bergerak, atau bahkan pusat komunikasi.

Light Tactical Cargo Truck juga dapat membawa sepuluh tentara bersenjata lengkap, ditambah hingga tiga ton kargo di kompartemen belakangnya.

Untuk performa, terdapat mesin diesel 225 dk Euro 5 dengan sistem penggerak all wheel drive bertransmisi otomatis delapan kecepatan. Pikap ini ini juga dilengkapi dengan sistem suspensi independen, AC, diferensial selip terbatas, ban run-flat dan sistem elektro-magnetik.