Mengapa Toyota Rangga Tidak Dibuat Di Indonesia?

18 October 2024
Erie W. Adji
 
Namun masih ada ‘peluang’ untuk mewujudkannya
 

Toyota All-New Hilux Rangga (Toyota Rangga) resmi hadir untuk pasar Indonesia. Pikap satu ini diklaim bakal memenuhi kebutuhan konsumen komersial di Indonesia dengan segala kelebihannya.

Namun menariknya, meski Toyota Rangga dikhususkan untuk pasar Indonesia, pikap ini tidak diproduksi di Indonesia. Hilux Rangga justru merupakan produk Completely Build Up yang didatangkan langsung dari pabrik Toyota di Thailand.

Inilah silsilah Toyota Rangga, bakal ada lagi 'adiknya' yang berbobot di bawah 1 ton?

 

Lantas, mengapa Toyota tidak memproduksi lokal Hilux Rangga? Anton Jimmy Suwandi selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa secara keluarga Hilux memang diproduksi di Negeri Gajah Putih.

Selain itu, angka produksi di Negara tersebut sangat besar. Tentunya ini juga berkaitan dengan potensi pasar Hilux di Thailand memang terbilang paling besar di lingkungan negara Asia Tenggara.

"Kita perlu tahu bahwa Hilux memang pusatnya di Thailand. Mereka produksi cukup besar, baik untuk domestik maupun buat ekspor. Saat ini, kalau melihat volume impor dan melihat situasi, memang masih CBU dulu ya," ujar Anton di sela-sela rilis Toyota Rangga pekan ini (15/10).

Selanjutnya Anton menjelaskan, meski Toyota Rangga merupakan produk CBU, akan tetapi di lapangan proporsi konten lokalnya akan lebih besar karena kebutuhan masing-masing konsumen.

"Yang kita impor lebih banyak jenis pick-up dan cab-chassis. Walaupun impor, tapi kinerja untuk domestik income-nya juga besar. Kalau membeli produk yang bensin Rp 188 juta (Cab-Chassis 2.0 Standard M/T) karoseri domestiknya lebih besar dibandingkan nilai impornya. Kalau dibeli local content-nya bahkan bisa lebih tinggi dari 40-50 persen. Jadi, ini merupakan kesempatan yang baik untuk karoseri di Indonesia mengembangkan bisnisnya," tambahnya.

Dan sejauh ini, pihak TAM belum berencana untuk memproduksi lokal Toyota Rangga.

"Saat ini belum ada (rencana memproduksi lokal Toyota Rangga). (Peluang memproduksi lokal) terbuka saja, karena kan sebenarnya platform IMV di Indonesia juga diproduksi. Diskusi selalu ada. Ini dinamis dan tidak menutup kemungkinan," tutup Anton.

Baca juga: Inilah Harga Resmi Toyota All New Hilux Rangga

Baca juga: Ternyata Inden Toyota Rangga Sudah Sampai Tahun Depan

Versi mobile service akan bayak dipakai jaringan bengkel resmi Toyota

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait