Pensiun Mobil Dinas Kereta Api, Kini Dimodifikasi

Pensiun Mobil Dinas Kereta Api, Kini Dimodifikasi
Truk ini muncul di salah satu situs jual beli kendaraan bekas. Namun tampilan International Loadstar ini malah menjadi menarik dari aslinya.
 

International Loadstar, merupakan salah satu produk dari International Harvester. Banyak yang mengatakan truk ber-bonnet ini adalah pesaing Chevrolet C-50 kala pertama kali diluncurkan, pada tahun 1962.

Truk ini, digunakan sebagai pengangkut barang, logistik, serta beberapa opsi lain, seperti pemadam kebakaran bahkan bus sekolah. Nah, truk berkelir hitam ini, sebelumnya digunakan sebagai mobil operasional perusahaan kereta api.

 

Namun, setelah berganti model baru, Loadstar buatan 1973 ini, beralih tangan. Ke penggemar pikap custom atau modifikasi. Hingga menurut motor1, mobil ini ditemukan muncul di situs penjualan kendaraan bekas.

 

 

Menilik spesifikasinya, tampaknya cukup istimewa. Bahkan dibandingkan truk baru, tampangnya lebih jadi pusat perhatian. Bagaimana tidak, fender belakang dengan isitilah ‘bak kuping’ dan roda dually, tentunya sudah menjadi daya tarik. Belum lagi roda berdiameter besar, namun tampak ‘celup’ ke dalam sepatbor truk yang kini lebih mendekat ke tanah, dengan sistem air suspension dengan balon dari Firestone dengan kompresor Vlair.

 

Itu dari sisi eksterior, pasokan penyuplai daya, menggunakan mesin V8, 6.200 cc, dengan karburator Holley, serta sistem pengapian MSD dan filter udara Edelbrock.

Mesin tersebut menyalurkan daya pada empat roda belakang, melalui transmisi matik 4 percepatan. Suara cukup menggelegar, dengan knalpot Flowmaster yang ujungnya di samping, dekat roda belakang.

 

Saat ini, hingga enam hari ke depan, truk ini akan dilelang mulai dari 7.777 dollar Amerika atau setara Rp 111 juta. Meski tentu tak ada perangkat elektronik kekinian di dalam kabinnya, tampilan panel-panel dari Auto Meter dan setir palang empat, sudah cukup enak dipandang.