TerraVis, Penutup Bak Bisa Berfungsi Sebagai Panel Surya

TerraVis, Penutup Bak Bisa Berfungsi Sebagai Panel Surya
Tak seperti penutup bak pada umumnya, TerraVis juga berfungsi sebagai panel surya untuk tambahan sistem kelistrikan. Bahkan untuk era mobil listrik, bisa jadi sumber pengisi baterai.
 

Worksport, sebuah perusahaan yang dikenal sebagai pembuat berbagai macam penutup (tonneau) yang kokoh dan fungsional, baru-baru ini memperkenalkan TerraVis, sistem generator bertenaga surya yang berfungsi ganda sebagai penutup bak.

Banyak yang berasumsi, penggunaan panel surya ini akan berhubungan dengan pengisian baterai pada mobil listrik. Namun, CEO WorkSport, Steven Rossi, seperti dilansir dari lama insideevs, ternyata penggunaan panel surya ini bukan untuk pengisi baterai mobil listrik.

Sistem TerraVis, terdiri dari empat panel surya monokristalin yang dapat dilipat dan cukup kuat untuk menopang berat orang yang berjalan di atasnya. Panel tersebut menjadi suplai listrik untuk sistem baterai modular yang dipasang di sisi dalam dinding bak. Baterai tersebut, masing-masing sekitar 2 kWh dan sistem dapat digunakan hingga 4 paket baterai, ditambah 1 kWh yang bisa dimanfaatkan untuk pengisian daya baterai portabel atau inverter daya AC 110v.

 

Penggunaan tutup bak ini, bisa dimanfaatkan untuk pengisian daya baterai portabel, ketika sedang melakukan perjalanan jauh, di mana tidak selalu tersedia jaringan listrik. Output sebesar 5.000 watt, juga bisa digunakan untuk menyediakan listrik saat terjadi pemadaman atau ketika ada bencana.

Paket pengisian daya ponsel portabel atau ‘kotak otak’ seperti yang disebut Rossi dapat dikeluarkan dari sistem dan dibawa ke berbagai lokasi. Setelah modul baterai  yang isinya sekitar 1 kWh di kotak break-away habis, cukup mencolokkannya kembali ke rak baterai dan dalam 20 menit baterai terisi penuh kembali, asalkan ada cukup energi yang tersimpan di sisa paket baterai.

 

Cukup memudahkan, bukan? Apalagi saat ini banyak perlengkapan yang menggunakan sumber daya dari baterai, seperti peralatan kemping berupa lampu, alat masak dan lainnya. Bahkan, ketika disambungkan dengan inverter, berbagai peralatan bersumber listrik AC pun, bisa digunakan.