Toyota Gazoo Racing Siapkan Hilux Baru Jadi Jagoan Dakar 2021

Toyota Gazoo Racing Siapkan Hilux Baru Jadi Jagoan Dakar 2021
Hilux Dakar memiliki mesin V8, 5.000 cc yang dipasang di tengah mobil.
 

Menjelang akhir tahun, ini artinya banyak pabrikan kendaraan yang menyiapkan andalan mereka di ajang balap Rally Dakar. Di tahun 2021 mendatang, ajang tersebut dijadwalkan dimulai pada 3 Januari di Arab Saudi.

Salah satu yang jadi sorotan tentu tim Toyota Gazoo Racing yang jadi juara tahun 2019 dengan andalannya Toyota Hilux. Kali ini terdiri dari empat tim, masing-masing mengendarai Toyota Hilux versi balap terbaru yang diperkenalkan pada tahun 2018.

Hilux Dakar memiliki mesin V8, 5.000 cc yang dipasang di tengah mobil. Suspensinya bertipe full independen dan penggerak all wheel drive. Namun dikabarkan ada penyempurnaan lebih lanjut pada suspensi dan mesin agar lebih kompetitif.

Sementara dari sisi eksterior, mobil balap ini menampilkan desain eksterior yang diperbarui yang mencerminkan produksi Hilux 2020. Pikap double cabin ini juga dijual di Indonesia.

Dakar Rally merupakan salah satu reli terberat di dunia dan amat terkenal dengan balap di gurun, lumpur, hingga pegunungan. Mengemudi lebih dari 800 km per harinya, pengemudi dan kendaraannya harus mampu menghadapi tantangan sekuat tenaga untuk menempuh balapan sepanjang 5.000 km dalam kurun waktu kurang dari dua minggu.

Membuktikan DNA sebagai kendaraan yang tangguh di berbagai medan, Tim Hilux telah menyelesaikan Dakar Rally ini sejak 2012 dan secara konsisten selalu berada di 10 besar super production. Bahkan, di tahun 2019 berhasil membukukan kemenangan bersejarah di Dakar Rally yang ke-41.

Reli Dakar edisi 2021 akan berlangsung hanya di Arab Saudi, dengan awak berangkat dari Jeddah pada 3 Januari. Rutenya akan sama dengan balapan tahun lalu. Tetapi penyelenggara telah menjanjikan jalur baru untuk balapan yang lebih kompetitif.