Adu Kece 10 Finalis Isuzu Real Modification Contest 2023

Adu Kece 10 Finalis Isuzu Real Modification Contest 2023
Pamer ragam gaya modifikasi
 

Area parkir outdoor Hall 10 ICE BSD berubah semarak disatroni 10 finalis Isuzu Real Modification Contest 2023. Ini adalah momen pamungkas kontes modifikasi truk dan pikap yang diselenggarakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memeriahkan keikusertaannya di GIIAS 2023.

"Untuk peserta tahun ini kami fokus pada truk dan pikap Isuzu modif dari area Jawa saja. Total ada 35 kontestan, yang kami saring hari ini menjadi 10 finalis dan mengerucut menjadi dua pemenang yakni juara favorit dan juara umum," kata Putri Cahyanintyas, Marketing Communication Analyst PT IAMI selaku Ketua panitia pelaksana kegiatan ini (16/8).  Para finalis kontes umumnya menggunakan Isuzu Traga pikap dan Elf NMR 71 yang diubah beragam konsep modifikasi. Misalnya menjadi luxury travel, pikap model sporty, hingga truk ala hotel berjalan lantaran bak belakang diubah seperti kamar hotel. 

Yordan dengan Isuzu Traga modif miliknya (Momot)

"Untuk konsep modifikasi yang saya terapkan di pikap ini minimalis, sederhana tapi enak dipandang," buka Yordan, finalis asal Yogyakarta yang datang seorang diri menggunakan Isuzu Traga putih kesayangannya. 

"Modifikasi yang saya lakukan itu mulai dari bumper depan full custom yang bisa diangkat naik secara manual, rak pengaman samping kanan kiri, spion pakai punya Toyota Fortuner VRZ, LED Bar, lampu custom sama tambahan kabin 'jungkit'," tandas Yordan. 

Mayoritas berasal dari Jawa Tengah
Mayoritas pemilik truk ini berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta (Momot)

Modifikasi kabin jungkit di Isuzu Traga milik Yordan ini sejatinya fungsional lantaran bisa mengecek kondisi mesin langsung. Hal ini tentu berbeda jika dibanding Traga standar yang tidak bisa dibuka area kepala truk. "Kalau untuk kabin jungkit sebenarnya lebih ke fungsionalnya untuk kemudahan dalam hal perawatan Traga ini jadi enggak perlu bongkar jok bisa langsung menjangkau area mesin," tambahnya. 

Sederet pengerjaan bodi dari modifikasi Isuzu Traga ini digarap oleh karoseri Putra Subah, Batang, Jawa Tengah dengan lama pengerjaan mencapai 1 bulan. "Paling sulit dari pengerjaan modifikasi Traga ini ada di bumper depan karena menurut saya kalau dijadikan motorized itu gampang rusak kecuali sudah ada motorized yang kokoh. Juga memantaskan tampilan fascia dengan ubahan eksterior secara keseluruhan," urai Yordan. 

Isuzu Elf hedon jadi hotel transparan berjalan (Momot)

Meski dengan tampilan modis, Isuzu Traga milik Yordan ini tetap melakukan tugasnya untuk angkut muatan. "Pikap ini tetap saya gunakan untuk angkut muatan spare part alat berat area Jawa, Sumatera dan Kalimantan karana memang muatan di bak belakang tetap standar," bangga pria ramah yang mengaku menghabiskan Rp 50 juta untuk modifikasi Traga miliknya ini. 

Isuzu Traga milik Yordan akan bersaing ketat dengan beberapa sembilan kontestan lain. Sebut saja Isuzu Elf motorhome besutan Delima Mandiri Bogor, Isuzu Traga Datdim Family dari Semarang, truk Isuzu Elf NMR 71 New Manja Holiday asal Yogyakarta, hingga deretan Elf lain yang pamer lukis bodi truk dengan suguhan fitur komplet. "Tidak ada target khusus buat saya, menang ya syukur tapi kalau enggak pun syukur sudah bisa memeriahkan event ini," tutup Yordan. 

Isuzu Elf NMR 71 Delima Mandiri (Momot)