Ini Alasan Volvo Trucks Hanya Rilis Tipe Tractor Head Listrik di Indonesia

20 September 2024
Ilham Pratama
 
Tahun depan rencananya rilis bus listrik
 

Volvo Trucks melakukan langkah berani di Indonesia dengan merilis truk listrik di segmen heavy duty bertipe Tractor Head, FM Electric pekan lalu. Apa alasannya? 

"Ini merupakan bentuk dukungan kita terhadap program pemerintah untuk percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia," buka Eka Lovyan, COO PT Indotruck Utama selaku distributor Volvo Trucks di Indonesia. 

Di samping itu, menurutnya lewat hadirnya model ini diharapkan akan menjadi langkah awal Volvo Trucks untuk menghadirkan lebih banyak tipe kendaraan listriknya di Indonesia. Sebab Volvo Trucks sendiri memiliki banyak opsi di segmen truk dan bus listrik. 

Namun saat ini model tractor head di kelas FM Electric yang dirasa paling sesuai untuk kebutuhan di Indonesia. Hal ini mengacu pada berbagai pertimbangan. Termasuk kondisi jalan dan sarana charging station. 

"Sementara kita masukan yang model ini dulu. Untuk segmennya sekarang masih pulau Jawa. Dari Volvo, Indomobil, kita juga mau support kebijakan pemerintah dengan perubahan yang lebih baik,” ucapnya.

Tahun depan ada kemungkinan Volvo Trucks akan menghadirkan bus listrik. Serta varian lain dari truk listrik mereka. Sebab beberapa perusahaan tambang juga sudah menanyakan mengenai truk listrik di segmen tersebut. 

"Saat ini Volvo Trucks memiliki line up komplet di segmen truk listrik. Mulai dari model kecil untuk kebutuhan di dalam kota, hingga Volvo FMX Electric yang merupakan truk listrik di wilayah pertambangan," kata Eka. 

Selain itu, untuk kebutuhan truk listrik long haul terdapat tipe FH Electric yang jadi tipe elektrik varian FH16. Lalu Volvo FE Electric di kelas truk ringan dan Volvo FL Electric di segmen delivery service

Baca juga: Pemerintah Berkomitmen Terus Perbanyak Bus Listrik

Baca juga: Damri Ajukan Modal Rp1 Triliun Untuk Beli Ratusan Bus Listrik

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait