Intip Truk-Truk di Formula 1, Kapasitas Mesinnya Bagaikan Truk Tambang

Intip Truk-Truk di Formula 1, Kapasitas Mesinnya Bagaikan Truk Tambang
Ada lima merek yang menjadi andalan tim-tim F1 di tahun 2020 sebagai angkutan transportasi logistik dan motorhome.
 

Sebagai balap mobil paling kencang sejagad, tim-tim Formula 1 atau F1 membutuhkan kendaraan tangguh untuk mengangkut logistik mereka. Untuk itu, truk trailer kelas heavy duty kerap jadi pilihan.

Ada lima merek yang menjadi andalan tim-tim F1 di tahun 2020 sebagai angkutan transportasi logistik dan motorhome. Di antaranya Volvo Trucks, Iveco, Renault, Scania dan Mercedes-Benz.

Truk Iveco Ecostralis 500

Pertama ada truk asal Italia, Iveco. Penggunanya cukup banyak dengan total tiga tim. Yakni Ferrari, Alfa Romeo Racing dan Haas. Tipe yang diandalkan Iveco Ecostralis 500 yang memiliki spesifikasi mesin 13.000 cc dan tenaga 500 PS. Mesin tersebut dilengkapi transmisi otomatik Eurotronic dengan ECO-Switch.

Truk selanjutnya adalah Renault Trucks T High. Sama seperti Iveco, ada tiga tim F1 pengguna Renault Trucks. Yakni Red Bull Racing, Scuderia AlphaTauri dan Renault sendiri. Truk asal Prancis ini dibekali mesin DTI 13 bervolume 13.000 cc dengan tenaga 520 PS.

Renault Trucks T High

Kemudian ada Volvo Trucks. Unit yang digunakan untuk angkutan logistik F1 mengusung tipe FH dengan mesin 13.000 cc dan tenaga 540 PS. Truk tersebut diandalkan oleh tim McLaren dan Racing Point. Volvo FH 540 sudah dibekali teknologi I-See predictive cruise control system.

Untuk tim Petronas Mercedes-AMG tentu mengandalkan brand yang sama dengan induk mereka, yakni Mercedes-Benz Trucks. Tipe yang dipilih adalah Actros MP4 2542. Dengan mesin 12.800 cc, truk ini sanggup menghela daya sebesar 530 PS.

Scania R480 di Tim Williams

Terakhir ada tim Williams yang mengandalkan merek truk asal Swedia, Scania. Truk ini baru mereka gunakan, sebelumnya selalu mengandalkan Mercedes-Benz Actros. Tipe truk yang dipakai adalah Scania R480. Dengan mesin 12.800 cc, truk ini bertenaga 480 PS.