Jenis-Jenis Karoseri Truk Tambang Versi Mercedes-Benz

17 September 2024
Ilham Pratama
 
Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) mengenalkan mengenai keunggulan produk truk mereka di area tambang, apa saja jenis dan kegunaannya?
 

Jika sebelumnya Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) mengenalkan mengenai keunggulan produk truk mereka di area tambang, maka lewat ajang Mining Indonesia 2024 pekan lalu, APM truk dan bus Mercedes-Benz ini coba mengulik lebih jauh mengenai jenis-jenis truk tambang.

Hal ini langsung dijelaskan oleh pihak DCVI bersama karoseri yang terlibat pada pameran di Jakarta International Expo pada 11-14 September itu.

Lalu kenapa karoseri truk terlibat? Sebab seperti diketahui, jika DCVI selama ini hanya menjual sasis dan mesin saja. Serta kabin untuk truk. Sedangkan bodi dan fungsinya diserahkan pengerjaannya ke karoseri dengan pengawasan dari DCVI.

"Seperti bus, untuk truk kami menjualnya masih dalam bentuk kabin sasis atau engine sasis. Sehingga kendaraan itu masih membutuhkan body. Untuk tractor head pun masih membutuhkan trailer,” jelas Hendro Sembodo, Truck Body Builder Advisor PT DCVI.

Dalam event yang diikuti produk dari 44 negara itu, terdapat dua unit Mercedes-Benz Axor dengan aplikasi Truck Overburden dan Water-Sprayer Truck, serta menampilkan sepasang unit Mercedes-Benz Arocs dengan aplikasi Truck Hauling, dan juga Truck Overburden tonase besar. Semuanya digarap oleh karoseri berbeda.

Overburden Truck 

Misalnya Mercedes-Benz Axor 2528 CH (6x4)  M/T, dan Mercedes-Benz Arocs 4042 K (6x4), yang hadir menggunakan aplikasi body OverBurden dari karoseri Metalindo Teknik Utama dari Karawang, Jawa Barat, dan Hydraxle Perkasa yang bermarksa di Curug, Banten.

Aplikasi Overburden Truck (truk OB), atau salah satu jenis Dump Truck yang biasa dipakai di industri tambang. Pihak karoseri menyematkan vessel atau bak terbuka yang bisa digerakkan naik dan turun menggunakan hidrolik dan bisa dikontrol langsung melalui kabin pengemudi dengan PTO switch (Power Take-off). 

Dump Truck jenis ini biasa digunakan untuk memindahkan material tanah (sisa material tak terpakai yang melapisi batubara) ke tempat pembuangan.

Overburden Truck

Truck Hauling Coal

Ada pula Mercedes-Benz Arocs 4845 K (8x4), yang hadir menggunakan aplikasi bodi Truck Hauling Coal dari karoseri Porter Rekayasa Unggul, Jatake, Banten

Hauling Truck merupakan salah satu jenis Dump Truck yang biasa digunakan untuk mengangkut batubara dari Pit (tempat ekskavasi materi) menuju ROM (Run of Mine - tempat meletakkan materi mentah), ataupun dari ROM menuju pelabuhan.

Hauling Truck

Truck Water Sprayer

Selanjutnya ada Mercedes-Benz Axor 2528 RMC (6x4) M/T, yang hadir menggunakan aplikasi bodi Water Sprayer oleh karoseri Usaha Teknik Indonesia dengan workshop di kawasan Ciasuk, Banten.

Truk dengan aplikasi Water Sprayer atau penyemprot air ini merupakan kendaraan yang dibangun khusus untuk membawa dan menyemprotkan air dengan kekuatan yang bisa disesuaikan oleh pihak karoseri atas permintaan pengguna. 

Fungsi utama truk jenis ini adalah untuk mengendalikan debu yang dapat mengganggu operasional pertambangan dan membahayakan pekerja.

Mining Indonesia 2024, DCVI kembali menghadirkan sistem New Fleetboard Indonesia, yang merupakan sistem monitoring kendaraan jarak jauh (telematic) dan sistem pengelolaan armada kendaraan (fleet management system) untuk kendaraan truk dan bus Mercedes-Benz.

Water Sprayer

Baca juga:  Ini Kategori Sasis Bus Mercy Di Pasar Indonesia

Baca juga: Memahami Kode Sasis Truk dan Bus Mercedes-Benz di Indonesia

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait